Pelni Tambah Frekuensi Pelayaran Selama Libur Natal-Tahun Baru

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:49 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Pelayaran Nasional Indonesia akan menambah frekuensi pelayaran pada angkutan Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Sekretaris Perusahaan Pelni Didik Dwi Prasetio dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin mengatakan bahwa penambahan frekuensi tidak menambah armada kapal, tetapi dilakukan dengan melakukan "rerouting" atau mengubah rute atau trayek kapal reguler ke kantong-kantong permintaan penumpang yang cukup tinggi.

Ada 14 kapal akan di-"rerouting" dan 12 kapal reguler diopersikan selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018.

Didik menyebutkan 12 kapal reguler yang tetap beroperasi sesuai dengan rute di antaranya Kapal tipe 2.000 penumpang, KM Dobonsolo, dan KM Gunung Dempo. Kapal tipe 1.000 pax KM, yakni Tatamailau, Tilongkabila, Binaiya, Bukit Raya, Kelimutu, dan KM Awu.

Kapal tipe 500 penumpang terdiri atas KM Sangiang, Egon, Pangrango, dan KFC Jetliner.

Kapal-kapal tersebut rutenya tetap, tidak berubah, kata Didik.

Sebanyak 14 kapal, kata dia, yang di-"rerouting" terdiri atas kapal tipe 3.000 penumpang dan 2.000 penumpang, yakni KM Dobonsolo deviasi Biak-Jayapura, KM Ciremai deviasi Ambon untuk antisipasi Port Papua-Ambon.

Kapal Motor Labobar menambah frekuensi Bitung Jayapura Port dan Serui-Biak, KM Kelud ruas Batam-Belawan, dan deviasi ke Kijang (Tanjung Pinang) untuk menggantikan KM Umsini, dan KM Sinabung deviasi Serui untuk pelayanan Serui-Jayapura.

Kapal Motor Lambelu Malayani wilayah tengah Balikpapan-Makasar-NTT, KM Tidar ruas Ambon-Sorong-Manokwari, KM Umsini menambah rute Makasar-NTT, KM Bukit Siguntang menambah ruas Makasar-NTT, dan KM Nggapulu ruas Ambon-Banda dan Tual.

Untuk kapal tipe 1.000 penumpang, yakni KM Leuser mengalami penyesuaian jadwal agar kapal tiba di Merauka pada H-1 sebelum Natal, KM Lawit pada pra Natal. Setelah tahun baru, melayani rute ke Padang, Gunung Sitoli dan Sibolga.

Kapal berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/12) pukul 08.00, KM Sirimau deviasi Biak ke NTT, sedangkan kapal tipe 500 penumpang KM Wilis deviasi ke Rote untuk pelayanan ruas Kupang-Rote p.p.

Selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, PT Pelni mengoperasikan 26 armada trayek Nusantara dan 47 armada kapal perintis.

Pelni menyiapkan kapasitas angkut sebanyak 54.567 penumpang per hari, termasuk dispensasi untuk mengatasi permintaan yang cukup tinggi.

Sebanyak 26 kapal penumpang, kata Didik, Pelni menambah kapasitas angkut dengan cara "rerouting" dan "resechedule" kapal reguler.

Keterbatasan armada pihaknya siasati dengan "rerouting" dan "resechedule" untuk menambah frekuensi sehingga kapasitas dan frekuensi pelayaran pada suatu rute bisa lebih sering untuk mengangkut penumpang, katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…