Pelni Tambah Frekuensi Pelayaran Selama Libur Natal-Tahun Baru

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:49 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Pelayaran Nasional Indonesia akan menambah frekuensi pelayaran pada angkutan Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Sekretaris Perusahaan Pelni Didik Dwi Prasetio dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin mengatakan bahwa penambahan frekuensi tidak menambah armada kapal, tetapi dilakukan dengan melakukan "rerouting" atau mengubah rute atau trayek kapal reguler ke kantong-kantong permintaan penumpang yang cukup tinggi.

Ada 14 kapal akan di-"rerouting" dan 12 kapal reguler diopersikan selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018.

Didik menyebutkan 12 kapal reguler yang tetap beroperasi sesuai dengan rute di antaranya Kapal tipe 2.000 penumpang, KM Dobonsolo, dan KM Gunung Dempo. Kapal tipe 1.000 pax KM, yakni Tatamailau, Tilongkabila, Binaiya, Bukit Raya, Kelimutu, dan KM Awu.

Kapal tipe 500 penumpang terdiri atas KM Sangiang, Egon, Pangrango, dan KFC Jetliner.

Kapal-kapal tersebut rutenya tetap, tidak berubah, kata Didik.

Sebanyak 14 kapal, kata dia, yang di-"rerouting" terdiri atas kapal tipe 3.000 penumpang dan 2.000 penumpang, yakni KM Dobonsolo deviasi Biak-Jayapura, KM Ciremai deviasi Ambon untuk antisipasi Port Papua-Ambon.

Kapal Motor Labobar menambah frekuensi Bitung Jayapura Port dan Serui-Biak, KM Kelud ruas Batam-Belawan, dan deviasi ke Kijang (Tanjung Pinang) untuk menggantikan KM Umsini, dan KM Sinabung deviasi Serui untuk pelayanan Serui-Jayapura.

Kapal Motor Lambelu Malayani wilayah tengah Balikpapan-Makasar-NTT, KM Tidar ruas Ambon-Sorong-Manokwari, KM Umsini menambah rute Makasar-NTT, KM Bukit Siguntang menambah ruas Makasar-NTT, dan KM Nggapulu ruas Ambon-Banda dan Tual.

Untuk kapal tipe 1.000 penumpang, yakni KM Leuser mengalami penyesuaian jadwal agar kapal tiba di Merauka pada H-1 sebelum Natal, KM Lawit pada pra Natal. Setelah tahun baru, melayani rute ke Padang, Gunung Sitoli dan Sibolga.

Kapal berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/12) pukul 08.00, KM Sirimau deviasi Biak ke NTT, sedangkan kapal tipe 500 penumpang KM Wilis deviasi ke Rote untuk pelayanan ruas Kupang-Rote p.p.

Selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, PT Pelni mengoperasikan 26 armada trayek Nusantara dan 47 armada kapal perintis.

Pelni menyiapkan kapasitas angkut sebanyak 54.567 penumpang per hari, termasuk dispensasi untuk mengatasi permintaan yang cukup tinggi.

Sebanyak 26 kapal penumpang, kata Didik, Pelni menambah kapasitas angkut dengan cara "rerouting" dan "resechedule" kapal reguler.

Keterbatasan armada pihaknya siasati dengan "rerouting" dan "resechedule" untuk menambah frekuensi sehingga kapasitas dan frekuensi pelayaran pada suatu rute bisa lebih sering untuk mengangkut penumpang, katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Analisis Berbasis Lokasi Esri Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 13:52 WIB

Bantu Pemulihan Bencana Pasca Gempa Tsunami Sulawesi, Esri Indonesia Kembangkan Analisis Berbasis Lokasi

Emergency Spatial Support Centre yang berada di bawah naungan Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka, telah mengembangkan portal pemetaan cerdas dengan teknologi canggih yang dirancang…

Penghargaan yang diperoleh Daffam Teraskita Jakarta pada 2018 (Foto Ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:14 WIB

Dafam Teraskita Jakarta Raih Penghargaan Traveloka Hotel Awards 2018

Hotel Dafam Teraskita Jakarta memperoleh penghargaan The Best Guest Experience in Cleanliness Premium pada acara Traveloka Hotel Awards 2018 se-Asia Tenggara.

Konferensi Pers Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:12 WIB

4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Relatif Stabil

Empat tahun kerja Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla pertumbuhan ekonomi stabil di kisaran 5 persen. Selain itu, secara makro ekonomi dalam kurun waktu empat tahun dikelola dengan baik dan…

Sari Roti

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:48 WIB

Sari Roti Bukukan Penjualan Sebesar Rp 1,98 Triliun Hingga September 2018

Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. membukukan penjualan senilai Rp1,98 triliun hingga September 2018, tumbuh 8,79% dari posisi Rp1,82 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.…

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:30 WIB

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Kredit Pintar memberikan pembekalan pengetahuan dasar dan membagikan buku-buku di Perpustakaan Komunitas Jendela di Kawasan Manggarai, Jakarta.