Pelni Tambah Frekuensi Pelayaran Selama Libur Natal-Tahun Baru

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:49 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Pelayaran Nasional Indonesia akan menambah frekuensi pelayaran pada angkutan Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Sekretaris Perusahaan Pelni Didik Dwi Prasetio dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin mengatakan bahwa penambahan frekuensi tidak menambah armada kapal, tetapi dilakukan dengan melakukan "rerouting" atau mengubah rute atau trayek kapal reguler ke kantong-kantong permintaan penumpang yang cukup tinggi.

Ada 14 kapal akan di-"rerouting" dan 12 kapal reguler diopersikan selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018.

Didik menyebutkan 12 kapal reguler yang tetap beroperasi sesuai dengan rute di antaranya Kapal tipe 2.000 penumpang, KM Dobonsolo, dan KM Gunung Dempo. Kapal tipe 1.000 pax KM, yakni Tatamailau, Tilongkabila, Binaiya, Bukit Raya, Kelimutu, dan KM Awu.

Kapal tipe 500 penumpang terdiri atas KM Sangiang, Egon, Pangrango, dan KFC Jetliner.

Kapal-kapal tersebut rutenya tetap, tidak berubah, kata Didik.

Sebanyak 14 kapal, kata dia, yang di-"rerouting" terdiri atas kapal tipe 3.000 penumpang dan 2.000 penumpang, yakni KM Dobonsolo deviasi Biak-Jayapura, KM Ciremai deviasi Ambon untuk antisipasi Port Papua-Ambon.

Kapal Motor Labobar menambah frekuensi Bitung Jayapura Port dan Serui-Biak, KM Kelud ruas Batam-Belawan, dan deviasi ke Kijang (Tanjung Pinang) untuk menggantikan KM Umsini, dan KM Sinabung deviasi Serui untuk pelayanan Serui-Jayapura.

Kapal Motor Lambelu Malayani wilayah tengah Balikpapan-Makasar-NTT, KM Tidar ruas Ambon-Sorong-Manokwari, KM Umsini menambah rute Makasar-NTT, KM Bukit Siguntang menambah ruas Makasar-NTT, dan KM Nggapulu ruas Ambon-Banda dan Tual.

Untuk kapal tipe 1.000 penumpang, yakni KM Leuser mengalami penyesuaian jadwal agar kapal tiba di Merauka pada H-1 sebelum Natal, KM Lawit pada pra Natal. Setelah tahun baru, melayani rute ke Padang, Gunung Sitoli dan Sibolga.

Kapal berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/12) pukul 08.00, KM Sirimau deviasi Biak ke NTT, sedangkan kapal tipe 500 penumpang KM Wilis deviasi ke Rote untuk pelayanan ruas Kupang-Rote p.p.

Selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, PT Pelni mengoperasikan 26 armada trayek Nusantara dan 47 armada kapal perintis.

Pelni menyiapkan kapasitas angkut sebanyak 54.567 penumpang per hari, termasuk dispensasi untuk mengatasi permintaan yang cukup tinggi.

Sebanyak 26 kapal penumpang, kata Didik, Pelni menambah kapasitas angkut dengan cara "rerouting" dan "resechedule" kapal reguler.

Keterbatasan armada pihaknya siasati dengan "rerouting" dan "resechedule" untuk menambah frekuensi sehingga kapasitas dan frekuensi pelayaran pada suatu rute bisa lebih sering untuk mengangkut penumpang, katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gula (Antaranews.com)

Rabu, 18 Juli 2018 - 12:05 WIB

India Minta Indonesia untuk Turunkan Tarif Impor Gula

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI Oke Nurwan seusai acara Forum Perdagangan Gula India-Indonesia di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah India berharap…

Launching Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018 (Foto: Kemenpar)

Rabu, 18 Juli 2018 - 12:00 WIB

September, Sail Indonesia Moyo Tambora Siap digelar, Catat Kegiatan Serunya!

Nusa Tenggara Barat yang terkenal akan keeksotisannya dengan pemadangan wisata alam ini, akan menggelar Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018 yang akan diikuti oleh 42 negara dan akan…

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:35 WIB

Bekraf Beri Komitmen untuk Naikkan Pasar Game Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen untuk menaikkan pangsa pasar "game" pengembang lokal hingga menjadi 10 persen. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers di Jakarta,…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:20 WIB

IEA Beri Catatan Positif Reformasi Subsidi Energi

Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA) Fatih Birol menyampaikan hasil positif atas reformasi subsidi energi yang telah dilakukan Indonesia. Fatih di Kementerian Energi dan Sumber…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:02 WIB

Kementerian ESDM Akan Kembali Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto Tahun 2018.