Penyerapan Saham Bandara Kertajati Majalengka Ditunda

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:43 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyerapan saham PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai pengembang Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, oleh PT Angkasa Pura II (Persero) akan ditunda setelah ada kerja sama operasi kedua perusahaan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan setelah pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, kemarin mengatakan kerja sama operasi diprioritaskan agar anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) bisa tetap masuk.

"Pikiran kami untuk menyertakan AP II atau pihak lain masuk menjadi 'shareholder' (pemegang saham) BIJB kami hentikan dulu. Yang penting ada kepastian semua operasi dengan AP II sebagai pemilik izin badan usaha bandar udara (BUBU)," katanya kepada awak media.

Aher, sapaan akrabnya, mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan aturan jika saham BIJB telah dimiliki pihak lain, dalam hal itu AP II, tidak perlu ada kerja sama operasi karena BUMN pengelola bandara itu telah jadi bagian BIJB.

"Ketika itu terjadi (pengambilan saham oleh AP II), APBN tidak bisa masuk di sisi udara. Padahal itu sangat perlu dan akan sangat meringankan pada masa depan BIJB," katanya.

Dengan demikian, penundaan pengambilan saham BIJB oleh AP II akan ditunda agar kerja sama operasi bisa ditandatangani.

Kerja sama operasi antara kedua perusahaan diyakini akan memberikan kepastian operasional bandara sehingga dapat memberikan kepercayaan bagi investor baru.

Aher menambahkan, dengan rampungnya kerja sama operasi yang ditargetkan akhir Desember ini, maka dana modal baik dari reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dan sindikasi perbankan bisa segera cair.

"Semua pihak akan mencairkam dananya ketika KSO (kerja sama operasi) ditandatangani. KSO ini penting sebab tanpanya, pencairan para pihak untuk memodali akan tersendat. Tapi ketika KSO ditandatangani, otomatis modalnya cair," ungkapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.