Penyerapan Saham Bandara Kertajati Majalengka Ditunda

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:43 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penyerapan saham PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai pengembang Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, oleh PT Angkasa Pura II (Persero) akan ditunda setelah ada kerja sama operasi kedua perusahaan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan setelah pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, kemarin mengatakan kerja sama operasi diprioritaskan agar anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) bisa tetap masuk.

"Pikiran kami untuk menyertakan AP II atau pihak lain masuk menjadi 'shareholder' (pemegang saham) BIJB kami hentikan dulu. Yang penting ada kepastian semua operasi dengan AP II sebagai pemilik izin badan usaha bandar udara (BUBU)," katanya kepada awak media.

Aher, sapaan akrabnya, mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan aturan jika saham BIJB telah dimiliki pihak lain, dalam hal itu AP II, tidak perlu ada kerja sama operasi karena BUMN pengelola bandara itu telah jadi bagian BIJB.

"Ketika itu terjadi (pengambilan saham oleh AP II), APBN tidak bisa masuk di sisi udara. Padahal itu sangat perlu dan akan sangat meringankan pada masa depan BIJB," katanya.

Dengan demikian, penundaan pengambilan saham BIJB oleh AP II akan ditunda agar kerja sama operasi bisa ditandatangani.

Kerja sama operasi antara kedua perusahaan diyakini akan memberikan kepastian operasional bandara sehingga dapat memberikan kepercayaan bagi investor baru.

Aher menambahkan, dengan rampungnya kerja sama operasi yang ditargetkan akhir Desember ini, maka dana modal baik dari reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dan sindikasi perbankan bisa segera cair.

"Semua pihak akan mencairkam dananya ketika KSO (kerja sama operasi) ditandatangani. KSO ini penting sebab tanpanya, pencairan para pihak untuk memodali akan tersendat. Tapi ketika KSO ditandatangani, otomatis modalnya cair," ungkapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…