BKPM Dorong Jepang Manfaatkan Perizinan Investasi Cepat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 18:00 WIB

BKPM ilustrasi
BKPM ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Deputi Kepala BKPM untuk Pelayanan Investasi, Lestari Indah mendorong perusahaan Jepang untuk memanfaatkan perizinan investasi yang mudah dan cepat di Indonesia.

"Izin investasi di Indonesia terus disederhanakan sehingga perusahaan Jepang dapat lebih mudah dan cepat untuk memperoleh izin" ujar Lestari Indah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (7/12/2017)

Hal tersebut diungkapkan Lestari Indah dalam Seminar "Indonesia Business Climate and Current Policies on Investment Permits" di Gedung Bank of Kyoto.

Dalam paparannya, Deputi Kepala BKPM menjelaskan tentang prosedur terkini untuk peroleh izin investasi di Indonesia kepada sekitar 60 perusahaan Jepang (4/11).

Seminar ini diselenggarakan KJRI Osaka bekerjasama dengan Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) di Tokyo, Perwakilan Bank Indonesia di Tokyo, Jetro Kyoto, CCI Kyoto dan Bank of Kyoto.

Selain Deputi Kepala BKPM untuk Pelayanan Investasi, seminar juga menghadirkan Kepala Perwakilan BI di Tokyo, Puji Atmoko yang mempresentasikan perkembangan pembangunan dan tren ekonomi Indonesia terkini.

Perwakilan dari Jetro yakni Deputi Direktur Divisi Asia dan Oceania, Overseas Research Department, Hideki Fujie, dan perwakilan Nitto Seiko Co. Ltd., Manager Global Strategies Section, Planning Department, Tadashi Uehara juga dihadirkan untuk berbagi informasi dan pengalaman terkait iklim dan tren investasi di Indonesia.

Konjen RI Osaka, Wisnu E. Pratignyo membuka seminar tersebut dan mengungkapkan bahwa latar belakang pelaksanaan seminar ini adalah banyaknya pebisnis Jepang yang menanyakan perihal perizinan investasi di Indonesia.

Oleh karenanya, KJRI Osaka berinisiatif mengundang narasumber yang terkait langsung untuk memaparkan kebijakan terkini, yakni pejabat BKPM.

Sementara itu, Hideki Fujie dari Jetro yang pernah bertugas di Jakarta selama 5 tahun, mengutarakan bahwa kerjasama ekonomi dengan Indonesia sangat menguntungkan, terutama didukung dengan pembangunan di Indonesia yang sangat pesat.

Sedangkan Tadashi Uehara dari Nitto Seiko Co. Ltd menceritakan pengalaman puluhan tahun dirinya dan perusahaannya beroperasi di Tangerang dengan nama PT. Nitto Alam Indonesia (NAI), sejak tahun 1992.

Seminar ini merupakan salah satu bagian dari upaya KJRI Osaka untuk mendorong perusahaan Jepang agar perluas bisnis dan tingkatkan investasinya di Indonesia.

Perusahaan Jepang juga secara rutin diundang untuk menjajagi dan melihat langsung peluang bisnis, infrastruktur dan fasilitas yang ada di Indonesia sebelum melakukan investasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:45 WIB

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI

Hendrisman Rahim secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2017-2020.