BKPM Dorong Jepang Manfaatkan Perizinan Investasi Cepat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 18:00 WIB

BKPM ilustrasi
BKPM ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Deputi Kepala BKPM untuk Pelayanan Investasi, Lestari Indah mendorong perusahaan Jepang untuk memanfaatkan perizinan investasi yang mudah dan cepat di Indonesia.

"Izin investasi di Indonesia terus disederhanakan sehingga perusahaan Jepang dapat lebih mudah dan cepat untuk memperoleh izin" ujar Lestari Indah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (7/12/2017)

Hal tersebut diungkapkan Lestari Indah dalam Seminar "Indonesia Business Climate and Current Policies on Investment Permits" di Gedung Bank of Kyoto.

Dalam paparannya, Deputi Kepala BKPM menjelaskan tentang prosedur terkini untuk peroleh izin investasi di Indonesia kepada sekitar 60 perusahaan Jepang (4/11).

Seminar ini diselenggarakan KJRI Osaka bekerjasama dengan Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) di Tokyo, Perwakilan Bank Indonesia di Tokyo, Jetro Kyoto, CCI Kyoto dan Bank of Kyoto.

Selain Deputi Kepala BKPM untuk Pelayanan Investasi, seminar juga menghadirkan Kepala Perwakilan BI di Tokyo, Puji Atmoko yang mempresentasikan perkembangan pembangunan dan tren ekonomi Indonesia terkini.

Perwakilan dari Jetro yakni Deputi Direktur Divisi Asia dan Oceania, Overseas Research Department, Hideki Fujie, dan perwakilan Nitto Seiko Co. Ltd., Manager Global Strategies Section, Planning Department, Tadashi Uehara juga dihadirkan untuk berbagi informasi dan pengalaman terkait iklim dan tren investasi di Indonesia.

Konjen RI Osaka, Wisnu E. Pratignyo membuka seminar tersebut dan mengungkapkan bahwa latar belakang pelaksanaan seminar ini adalah banyaknya pebisnis Jepang yang menanyakan perihal perizinan investasi di Indonesia.

Oleh karenanya, KJRI Osaka berinisiatif mengundang narasumber yang terkait langsung untuk memaparkan kebijakan terkini, yakni pejabat BKPM.

Sementara itu, Hideki Fujie dari Jetro yang pernah bertugas di Jakarta selama 5 tahun, mengutarakan bahwa kerjasama ekonomi dengan Indonesia sangat menguntungkan, terutama didukung dengan pembangunan di Indonesia yang sangat pesat.

Sedangkan Tadashi Uehara dari Nitto Seiko Co. Ltd menceritakan pengalaman puluhan tahun dirinya dan perusahaannya beroperasi di Tangerang dengan nama PT. Nitto Alam Indonesia (NAI), sejak tahun 1992.

Seminar ini merupakan salah satu bagian dari upaya KJRI Osaka untuk mendorong perusahaan Jepang agar perluas bisnis dan tingkatkan investasinya di Indonesia.

Perusahaan Jepang juga secara rutin diundang untuk menjajagi dan melihat langsung peluang bisnis, infrastruktur dan fasilitas yang ada di Indonesia sebelum melakukan investasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…

Ilustrasi Foto Wecash, Fintech Asal China

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:00 WIB

Dari 150 Ribu Fintech Lending, 20 Persen Berasal dari Asing

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dari 150 ribu finansial teknologi khususnya peer to peer lending sekitar 20 persennya berasal dari luar negeri.