Marsekal Hadi Tjahjanto Siap Netralitas TNI

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:23 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono. (Foto: Setkab)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono. (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Calon Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan siap menjaga netralitas TNI dalam menghadapi tahun politik 2019 mendatang.

"Yang penting netralistas dan soliditas yang kita jaga, itu saja," kata Hadi seusai menerima Anggota Komisi I DPR di rumah dinasnya, Jalan Rajawali Timur, Kompleks Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017)

Netralitas TNI dari politik praktis juga disampaikan Hadi saat fit and proper test oleh Komisi I DPR, Rabu (6/12). "Saya sampaikan visi misi di antaranya tetap kita akan menjaga soliditas tentunya itu yang akan saya jaga dan netralitas. Jadi kuncinya dua itu," kata Hadi.

Hadi yang masih menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) ini juga menyinggung tantangan yang harus dihadapi TNI ke depannya. Rencana strategis (renstra) harus selaras dengan pembangunan nasional.

"Tantangan ke depan? Kita tetap pada rencana-rencana yang telah disusun. Contohnya Renstra, semua kita akan ikut itu. Renstra juga bicara soal peningkatan kekuatan, pembinaan kemampuan dan strategi penggelaran dan kita akan sinkronkan dengan rencana pembangunan nasional," tambah Hadi.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengatakan, pada siang ini akan digelar Paripurna, salah satunya memutuskan Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai menjalani "fit and proper test" di DPR.

"Setelah ada persetujuan dari semua fraksi, pimpinan DPR akan melaporkan ke Istana. Selanjutnya, terserah Istana kapan akan dilakukan pelantikan. Kami tinggal menunggu undanganny saja," kata Hasanuddin.

Komisi I DPR menilai sosok Hadi Tjahjanto mampu membawa TNI lebih baik lagi dan cakap untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI.

"Netralitas menjadi tuntutan kita semua. Semua fraksi menuntut netralitas TNI. Pak Hadi pun menyanggupinya," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.