Teka Teki Siapakah Pengganti KSAU Hadi Thahjanto?

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 09:38 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lolos uji kepatutan dan kelayakan sebagai Panglima TNI yang dilaksanakan di DPR, Rabu (6/12/2017).

Usai menjalani serangkaian tes yang dilakukan Komisi I DPR, Hadi disambut rekan seangkatannya saat di Akabri tahun 1986.

Ada hal yang menarik setelah Hadi memengang komando TNI, yaitu beberapa perubahan jabatan strategis di tubuh TNI.

Setelah Presiden resmi melantik Hadi sebagai Panglima TNI, maka akan ada pergantian jabatan KSAU dan Wakil KSAU yang tentunya diiringi perubahan-perubahan jabatan di lingkungan TNI-AU lainnya.

Karena Panglima TNI nantinya adalah lulusan 86, maka Kasau pengganti Hadi Thajanto kemungkinan besar adalah Wakasau Marsdya TNI Yuyu Sutisna yang juga lulusan 86, dan itu tentu diiringi pergantian jabatan Wakasau pula.

Bila pengganti Marsdya Yuyu dari AAU 87 maka Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko bisa menjadi pilihan untuk menjadi Wakasau. Namun bisa saja Wakasau diambil dari AAU lulusan 86 lainnya.

Jabatan lain yang pasti akan berganti adalah Kasum TNI yang saat ini dijabat Laksdya TNI Didit Herdiawan, alumni AAL 84 dan pernah menjabat sebagai ajudan Presiden SBY.

Untuk jabatan Kasum TNI kemungkinan besar akan dijabat dari TNI-AD. Bila diambil dari lulusan 86 juga, maka ada beberapa nama jenderal bintang dua yang layak menduduki jabatan strategis itu, seperti Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit yang sukses memimpin operasi pembebasan sandera di Kimbeli dan Banti, Papua.

Namun apabila jabatan Kasum TNI diambil dari Akmil 87 maka yang paling cocok dan pantas adalah Mayjen TNI M Herindra yang merupakan lulusan terbaik Akmil 87 peraih Adhi Makayaksa dan pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.