Teka Teki Siapakah Pengganti KSAU Hadi Thahjanto?

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 09:38 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lolos uji kepatutan dan kelayakan sebagai Panglima TNI yang dilaksanakan di DPR, Rabu (6/12/2017).

Usai menjalani serangkaian tes yang dilakukan Komisi I DPR, Hadi disambut rekan seangkatannya saat di Akabri tahun 1986.

Ada hal yang menarik setelah Hadi memengang komando TNI, yaitu beberapa perubahan jabatan strategis di tubuh TNI.

Setelah Presiden resmi melantik Hadi sebagai Panglima TNI, maka akan ada pergantian jabatan KSAU dan Wakil KSAU yang tentunya diiringi perubahan-perubahan jabatan di lingkungan TNI-AU lainnya.

Karena Panglima TNI nantinya adalah lulusan 86, maka Kasau pengganti Hadi Thajanto kemungkinan besar adalah Wakasau Marsdya TNI Yuyu Sutisna yang juga lulusan 86, dan itu tentu diiringi pergantian jabatan Wakasau pula.

Bila pengganti Marsdya Yuyu dari AAU 87 maka Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko bisa menjadi pilihan untuk menjadi Wakasau. Namun bisa saja Wakasau diambil dari AAU lulusan 86 lainnya.

Jabatan lain yang pasti akan berganti adalah Kasum TNI yang saat ini dijabat Laksdya TNI Didit Herdiawan, alumni AAL 84 dan pernah menjabat sebagai ajudan Presiden SBY.

Untuk jabatan Kasum TNI kemungkinan besar akan dijabat dari TNI-AD. Bila diambil dari lulusan 86 juga, maka ada beberapa nama jenderal bintang dua yang layak menduduki jabatan strategis itu, seperti Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit yang sukses memimpin operasi pembebasan sandera di Kimbeli dan Banti, Papua.

Namun apabila jabatan Kasum TNI diambil dari Akmil 87 maka yang paling cocok dan pantas adalah Mayjen TNI M Herindra yang merupakan lulusan terbaik Akmil 87 peraih Adhi Makayaksa dan pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Singapore Airlines-Air New Zealand Sambut Persetujuan Regulasi untuk Aliansi

Singapore Airlines dan Air New Zealand menyambut keputusan Kementerian Perhubungan Selandia Baru hari ini untuk memperpanjang perizinan dari aliansi usaha patungan kedua maskapai.

Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di Kampus IPB (foto ist)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:20 WIB

Bank BTN Dorong Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha properti yang mumpuni. Salah satunya dengan aktif melakukan edukasi kepada mahasiswa dan…

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…