Teka Teki Siapakah Pengganti KSAU Hadi Thahjanto?

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 Desember 2017 - 09:38 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lolos uji kepatutan dan kelayakan sebagai Panglima TNI yang dilaksanakan di DPR, Rabu (6/12/2017).

Usai menjalani serangkaian tes yang dilakukan Komisi I DPR, Hadi disambut rekan seangkatannya saat di Akabri tahun 1986.

Ada hal yang menarik setelah Hadi memengang komando TNI, yaitu beberapa perubahan jabatan strategis di tubuh TNI.

Setelah Presiden resmi melantik Hadi sebagai Panglima TNI, maka akan ada pergantian jabatan KSAU dan Wakil KSAU yang tentunya diiringi perubahan-perubahan jabatan di lingkungan TNI-AU lainnya.

Karena Panglima TNI nantinya adalah lulusan 86, maka Kasau pengganti Hadi Thajanto kemungkinan besar adalah Wakasau Marsdya TNI Yuyu Sutisna yang juga lulusan 86, dan itu tentu diiringi pergantian jabatan Wakasau pula.

Bila pengganti Marsdya Yuyu dari AAU 87 maka Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko bisa menjadi pilihan untuk menjadi Wakasau. Namun bisa saja Wakasau diambil dari AAU lulusan 86 lainnya.

Jabatan lain yang pasti akan berganti adalah Kasum TNI yang saat ini dijabat Laksdya TNI Didit Herdiawan, alumni AAL 84 dan pernah menjabat sebagai ajudan Presiden SBY.

Untuk jabatan Kasum TNI kemungkinan besar akan dijabat dari TNI-AD. Bila diambil dari lulusan 86 juga, maka ada beberapa nama jenderal bintang dua yang layak menduduki jabatan strategis itu, seperti Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit yang sukses memimpin operasi pembebasan sandera di Kimbeli dan Banti, Papua.

Namun apabila jabatan Kasum TNI diambil dari Akmil 87 maka yang paling cocok dan pantas adalah Mayjen TNI M Herindra yang merupakan lulusan terbaik Akmil 87 peraih Adhi Makayaksa dan pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:45 WIB

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI

Hendrisman Rahim secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2017-2020.