Dewa Bujana dan Trie Utami Meriahkan Hari Kebudayaan Borobudur

Oleh : Herry Barus | Selasa, 22 November 2016 - 18:03 WIB

Tri Utami dan Dewa Bujana
Tri Utami dan Dewa Bujana

INDUSTRY.co.id - Magelang, Tim Bakti Budaya Borobudur menyiapkan perayaan Hari Kebudayaan Borobudur 2016 untuk memperkuat semangat gotong-royong masyarakat dan mengembangkan kepariwisataan kawasan itu.

"Roh kebudayaan atas Borobudur harus terus-menerus dihidupi, termasuk melalui perayaan Hari Kebudayaan Borobudur yang sedang kami siapkan ini," kata salah satu koordinator Tim Bakti Budaya Borobudur Abbet Nugroho di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah  kepada Antara akhir pekan lalu.

Perayaan Hari Kebudayaan Borobudur rencananya pada 17-18 Desember 2016 dengan berbagai kegiatan, antara lain rangkaian Sonjo Kampung dan panggung kesenian di empat lokasi, yakni Lapangan Pondok Tingal, Lapangan Tuk Songo, Dusun Sodongan, serta Lapangan Kembanglimus.

Abbet yang juga pengelola Kampoeng Dolanan Nusantara di Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur itu, mengatakan panggung utama untuk perayaan Hari Kebudayaan Borobudur di Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

"Di Taman Lumbini, dicanangkan Hari Kebudayaan Borobudur," katanya.

Ia mengatakan berbagai potensi seni dan budaya, serta kepariwisataan dari 20 desa di sekitar Candi Borobudur bakal ditampilkan, baik di Taman Lumbini, maupun sejumlah panggung lainnya di kawasan bangunan yang juga warisan budaya dunia tersebut.

Rangkaian kegiatan lainnya, seperti lomba bergada, lomba lampion di berbagai desa sekitar Candi Borobudur, peluncuran balai ekonomi desa, pentas gamelan "Gongso Nagari Borobudur", kirab "Nitilaku Mahakarya Borobudur", dan pentas instrumen "Sound of Borobudur" oleh Dewa Bujana dan Trie Utami,

Ia menjelaskan pemasangan lampion atau lentera di berbagai desa sekitar Candi Borobudur berlangsung hingga malam Tahun Baru 2017 sehingga suasana desa-desa sekitar candi itu menjadi terkesan semarak, terutama saat malam hari.

Ia mengatakan tema perayaan Hari Kebudayaan Borobudur 2016 adalah "Gotong Royong Pitutur Agung Guyub Rukun Gemah Ripah Lohjinawi Jayaning Nusantara Amarga Laku Lelaku".

"Memperkuat semangat gotong-royong, itu nilai kebudayaan masyarakat Borobudur yang harus terus digemakan, termasuk dalam rangka menghadapi perkembangan situasi kepariwisataan kawasan Candi Borobudur, semangat kegotongroyongan masyarakat perlu dilestarikan," kata Abbet yang juga Ketua Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia) Kabupaten Magelang itu. (hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…