Tol Surabaya-Mojokerto Rampung, Presiden Jokowi Dijadwalkan Untuk Meresmikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Desember 2017 - 11:29 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY co.id -Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) setelah tuntas pembangunannya.

"Rencananya 7 Desember ini akan diresmikan Presiden di ruas titik Mojokerto, sekalian ada acara kirab pemuda di Blitar," ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/12/2017).

Ia mengaku sudah melaporkan tuntasnya pembangunan jalan tol itu sehingga tidak lama lagi akan dioperasikan dan dilalui kendaraan umum. "Semua sudah tersambung dan fasilitas lengkap seluruhnya. Saat ini dari Surabaya sampai Mengkreng, atau tepat di pintu masuk kawasan Masjid Moeldoko. Yang yang belum bisa masuk dari Driyorejo karena masih perlu perbaikan," ucapnya.

Soekarwo berharap dengan selesainya tol Surabaya-Mojokerto maka mampu mengurangi macet di pintu keluar Legundi, terutama bagi kendaraan yang akan turun dari Krian.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas PU dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi mengatakan tol Sumo yang bakal diresmikan adalah seksi 1b, seksi II dan seksi III.

Seksi 1a, lanjutnya, sudah dioperasikan sebelumnya dan secara keseluruhan dari Waru sampai Legundi, Krian telah tuntas. "Selesainya ketiga seksi ini maka tol Sumo yang sudah bisa dioperasikan dari Surabaya hingga Jombang," katanya.

Ia menjelaskan, seksi II membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto, kemudian seksi III dari Sepanjang 5 kilometer, antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis di seksi 1b meneruskan dari Waru sampai Legundi.

Sementara itu, untuk seksi IV yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis dan Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. (inl)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.

Mario Nicolas, VP Product and Business OY! Indonesia.(FotoDok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Melalui Aplikasi OY!, Kirim Uang Bisa Dilakukan dengan Mudah

OY! hadir sebagai sebuah wadah yang mempermudah kehidupan serta komunikasi sehari- hari masyarakat Indonesia. Melalui fitur Transfer Antar bank Tanpa Ongkos langsung dari dalam chat room OY!,…