Tol Surabaya-Mojokerto Rampung, Presiden Jokowi Dijadwalkan Untuk Meresmikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Desember 2017 - 11:29 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY co.id -Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) setelah tuntas pembangunannya.

"Rencananya 7 Desember ini akan diresmikan Presiden di ruas titik Mojokerto, sekalian ada acara kirab pemuda di Blitar," ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/12/2017).

Ia mengaku sudah melaporkan tuntasnya pembangunan jalan tol itu sehingga tidak lama lagi akan dioperasikan dan dilalui kendaraan umum. "Semua sudah tersambung dan fasilitas lengkap seluruhnya. Saat ini dari Surabaya sampai Mengkreng, atau tepat di pintu masuk kawasan Masjid Moeldoko. Yang yang belum bisa masuk dari Driyorejo karena masih perlu perbaikan," ucapnya.

Soekarwo berharap dengan selesainya tol Surabaya-Mojokerto maka mampu mengurangi macet di pintu keluar Legundi, terutama bagi kendaraan yang akan turun dari Krian.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas PU dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi mengatakan tol Sumo yang bakal diresmikan adalah seksi 1b, seksi II dan seksi III.

Seksi 1a, lanjutnya, sudah dioperasikan sebelumnya dan secara keseluruhan dari Waru sampai Legundi, Krian telah tuntas. "Selesainya ketiga seksi ini maka tol Sumo yang sudah bisa dioperasikan dari Surabaya hingga Jombang," katanya.

Ia menjelaskan, seksi II membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto, kemudian seksi III dari Sepanjang 5 kilometer, antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis di seksi 1b meneruskan dari Waru sampai Legundi.

Sementara itu, untuk seksi IV yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis dan Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. (inl)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…