Tol Surabaya-Mojokerto Rampung, Presiden Jokowi Dijadwalkan Untuk Meresmikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Desember 2017 - 11:29 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY co.id -Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) setelah tuntas pembangunannya.

"Rencananya 7 Desember ini akan diresmikan Presiden di ruas titik Mojokerto, sekalian ada acara kirab pemuda di Blitar," ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/12/2017).

Ia mengaku sudah melaporkan tuntasnya pembangunan jalan tol itu sehingga tidak lama lagi akan dioperasikan dan dilalui kendaraan umum. "Semua sudah tersambung dan fasilitas lengkap seluruhnya. Saat ini dari Surabaya sampai Mengkreng, atau tepat di pintu masuk kawasan Masjid Moeldoko. Yang yang belum bisa masuk dari Driyorejo karena masih perlu perbaikan," ucapnya.

Soekarwo berharap dengan selesainya tol Surabaya-Mojokerto maka mampu mengurangi macet di pintu keluar Legundi, terutama bagi kendaraan yang akan turun dari Krian.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas PU dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi mengatakan tol Sumo yang bakal diresmikan adalah seksi 1b, seksi II dan seksi III.

Seksi 1a, lanjutnya, sudah dioperasikan sebelumnya dan secara keseluruhan dari Waru sampai Legundi, Krian telah tuntas. "Selesainya ketiga seksi ini maka tol Sumo yang sudah bisa dioperasikan dari Surabaya hingga Jombang," katanya.

Ia menjelaskan, seksi II membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto, kemudian seksi III dari Sepanjang 5 kilometer, antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis di seksi 1b meneruskan dari Waru sampai Legundi.

Sementara itu, untuk seksi IV yang menjadi penghubung dengan tol Solo-Kertosono, membentang antara Desa Gondangmanis dan Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. (inl)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:45 WIB

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI

Hendrisman Rahim secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2017-2020.

Sky House BSD Rumah Pintar Terkemuka (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:36 WIB

Sky House BSD Rumah Pintar Terkemuka

Proyek yang baru saja dirilis kehadapan publik tanah air Sky Gouse BSD+, keindahannya tidak hanya menggemparkan masyarakat Tangerang dan Jakarta, melainkan seluruh pemerhati pasar properti tanah…