Yuk! Mencicipi Empat Kuliner Khas Terenak di Kabupaten Sumenep

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 06 Desember 2017 - 09:30 WIB

Kuliner Khas Sumenep, Kaldu Kokot (Foto:vemale.com)
Kuliner Khas Sumenep, Kaldu Kokot (Foto:vemale.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Tiap daerah mempunyai kuliner khasnya yang melegenda, termasuk di Kabupaten Sumenep yang mempunyai kuliner khas. Selain destinasi wisata, Sumenep mempunyai berbagai olahan makanan yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumenep.

Ditemui sehabis launching Visit and Calendar of Event Sumenep 2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (5/12/2017), Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto mengatakan kepada Industry.co.id, "Kuliner di Sumenep banyak, ada Campor yang hampir sama dengan soto tapi ini pakai santan, lalu ada Kaldu Kokot yaitu kikil, lalu ada Macho, Keripik, dan Man Reman," katanya.

Berikut ini empat kuliner khas  yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke di Kabupaten Sumenep.

1. Campor

Kuliner ini hampir sejenis seperti soto, tetapi yang berbeda hanya kuahnya yang berbahan santan kelapa dan ditambah cingur sapi yang sudah dipotong dan diberi bumbu khas. Campor ini menjadi kuline khas di daerah ujung timur Pulau Garam di Kabupaten Sumenep karena rasanya yang enak dan membuat orang sering kembali untuk menikmatinya.

2. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot merupakan salah satu makanan khas yang terkenal lezat. Kuliner ini terbuat dari bahan tulang sapi yang masih ada sumsumnya yang menempel didagingnya. Lalu, uniknya, makan ini ada kacang hijau atau kedela di dalamnya sehingga rasa kaldunya bercampur dengan rasa kacang hijau yang mencipatkan keanekaragaman rasa.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi Kaldu Kokot yang melegenda ini, Adan bisa mampir ke  ke kedai kaldu kokot yang berada di belakang Museum Keraton Sumenep.

3. Man Reman

Kuliner yang termasuk salah satu camilan ini, banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh dari Sumenep. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah dari tepung ketan dan gula aren. Makanya man reman menjadi makanan yang rasanya sangat gurih renyah dan walaupun rasanya manis, camilan ini aman kok untuk dikonsumsi. Karena pemanis buatannya ini dari gula aren asli.

4. Macho

Memiliki nama yang unik, Macho adalah kuliner khas yang memiliki rasa yang manis juga. Macho terbuat dari bahan dasar beras ketan dan gula merah yang diolah sehingga menjadi makanan seperti Macho ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…