Pabrik Semen Krakatau Siap Memproduksi 700 Ribu Ton Semen Slag

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Januari 2017 - 16:20 WIB

PT Krakatau Semen Indonesia (krakatausemenindonesia)
PT Krakatau Semen Indonesia (krakatausemenindonesia)

INDUSTRY.co.id - Pabrik PT Krakatau Semen Indonesia mulai beroperasi pada Mei 2017.Perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel dan Semen Indonesia memproduksi slag powder. Kekuatan semen slag lebih tinggi dari semen biasa.

“Adapun nilai investasi pabrik Krakatau Semen Indonesia mencapai Rp 451 miliar. Sementara kapasitas awal pabrik semen slag mencapai 700 ribu ton,” kata Direktur Marketing PT Krakatau Steel Tbk, Dadang Danusiri, dikutip Selasa (3/2/2017).

Kata Dadang, Semen slag diproduksi dari grinding blast furnace Krakatau Steel yang dicampur dengan clinker, batu kapur, gypsum yang diperoleh dari pabrik Semen Indonesia di Gresik.

“Slag powder ini merupakan hal baru di Indonesia dan belum pernah ada. Kualitas semen tersebut biasanya lebih kuat dan digunakan untuk pembangunan konstruksi berat, seperti membangun bendungan air maupun konstruksi di laut,” jelas dia

Produksi semen slag tersebut memberi nilai tambah bagi perusahaan yang awalnya mengekspor slag yang dihasilkan dari proses produksi blast furnace PT Krakatau Posco ke berbagai negara.

Sebelumnya, Krakatau Posco yang berkapasitas tiga juta ton menghasilkan 700.000 ton slag, sedangkan blast furnace milik Krakatau Steel bakal menghasilkan 1,2 juta ton hot liquid metal dengan produk sampingan slag sekitar 300.000 ton per tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Analisis Berbasis Lokasi Esri Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 13:52 WIB

Bantu Pemulihan Bencana Pasca Gempa Tsunami Sulawesi, Esri Indonesia Kembangkan Analisis Berbasis Lokasi

Emergency Spatial Support Centre yang berada di bawah naungan Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka, telah mengembangkan portal pemetaan cerdas dengan teknologi canggih yang dirancang…

Penghargaan yang diperoleh Daffam Teraskita Jakarta pada 2018 (Foto Ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:14 WIB

Dafam Teraskita Jakarta Raih Penghargaan Traveloka Hotel Awards 2018

Hotel Dafam Teraskita Jakarta memperoleh penghargaan The Best Guest Experience in Cleanliness Premium pada acara Traveloka Hotel Awards 2018 se-Asia Tenggara.

Konferensi Pers Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:12 WIB

4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Relatif Stabil

Empat tahun kerja Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla pertumbuhan ekonomi stabil di kisaran 5 persen. Selain itu, secara makro ekonomi dalam kurun waktu empat tahun dikelola dengan baik dan…

Sari Roti

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:48 WIB

Sari Roti Bukukan Penjualan Sebesar Rp 1,98 Triliun Hingga September 2018

Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. membukukan penjualan senilai Rp1,98 triliun hingga September 2018, tumbuh 8,79% dari posisi Rp1,82 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.…

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:30 WIB

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Kredit Pintar memberikan pembekalan pengetahuan dasar dan membagikan buku-buku di Perpustakaan Komunitas Jendela di Kawasan Manggarai, Jakarta.