Pabrik Semen Krakatau Siap Memproduksi 700 Ribu Ton Semen Slag

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Januari 2017 - 16:20 WIB

PT Krakatau Semen Indonesia (krakatausemenindonesia)
PT Krakatau Semen Indonesia (krakatausemenindonesia)

INDUSTRY.co.id - Pabrik PT Krakatau Semen Indonesia mulai beroperasi pada Mei 2017.Perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel dan Semen Indonesia memproduksi slag powder. Kekuatan semen slag lebih tinggi dari semen biasa.

“Adapun nilai investasi pabrik Krakatau Semen Indonesia mencapai Rp 451 miliar. Sementara kapasitas awal pabrik semen slag mencapai 700 ribu ton,” kata Direktur Marketing PT Krakatau Steel Tbk, Dadang Danusiri, dikutip Selasa (3/2/2017).

Kata Dadang, Semen slag diproduksi dari grinding blast furnace Krakatau Steel yang dicampur dengan clinker, batu kapur, gypsum yang diperoleh dari pabrik Semen Indonesia di Gresik.

“Slag powder ini merupakan hal baru di Indonesia dan belum pernah ada. Kualitas semen tersebut biasanya lebih kuat dan digunakan untuk pembangunan konstruksi berat, seperti membangun bendungan air maupun konstruksi di laut,” jelas dia

Produksi semen slag tersebut memberi nilai tambah bagi perusahaan yang awalnya mengekspor slag yang dihasilkan dari proses produksi blast furnace PT Krakatau Posco ke berbagai negara.

Sebelumnya, Krakatau Posco yang berkapasitas tiga juta ton menghasilkan 700.000 ton slag, sedangkan blast furnace milik Krakatau Steel bakal menghasilkan 1,2 juta ton hot liquid metal dengan produk sampingan slag sekitar 300.000 ton per tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 (Foto:sindobatam.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:15 WIB

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Harapkan Jadi Pintu Gerbang Wisman ke Batam

Festival budaya berskala internasional, BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, Kepulauan Riau, Batam pada Sabtu (16/12/2017). Penyelenggaraan…

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…