PLN Tunda Pembangunan PLTU di Tarakan Kaltara

Oleh : Ridwan | Selasa, 05 Desember 2017 - 12:50 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Tarakan- PT PLN (Persero) menunda pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, karena belum dimasukkan dalam skala prioritas.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim-Kaltara Riza Novianto Gustam di Samarinda melalui pesan tertulis yang diterima di Tarakan, Senin (4/12/2017)  menyatakan, pembangunan PLTU ditunda karena beban puncak daya di Kota Tarakan hanya 39,3 megawatt (MW).

Kebutuhan daya sebesar itu, kata dia dapat dicukupi dengan mesin diesel yang dimiliki saat ini sehingga rencana pembangunan PLTU ditunda. Hal ini juga berkaitan pembangunan PLTU di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, yang sedang berproses.

Kemudian, rencana pembangunan PLTMG di Tanjung Selor sebesar 15 MW juga menjadi alasan penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan, ujar dia.

Menyangkut wacana penyambungan kabel transmisi bawah laut dari Kaltim menuju Kota Tarakan, Riza Novianto mengatakan, masih dalam tahap uji feasibility study (FS) atau uji kelayakan.

Riza menegaskan, pengerjaan penyambungan jaringan dari Kaltim ke wilayah Kaltara telah dimulai sehingga ditargetkan tersambung seluruhnya pada 2020. Bersamaan dengan rampungnya pembangunan PLTG di Kecamatan Seimenggaris Kabupaten Nunukan.

Jadi, kata dia, penundaan pembangunan PLTU di Kota Tarakan sangat beralasan sehubungan dengan dimulainya sejumlah pembangunan pembangkit di daerah Kaltara dan penyambungan kabel dari wilayah Kaltim. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…