Hari ini, IHSG Diprediksi Bakal Tembus Titik Resistensi di Posisi 6.022-6.046

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 05 Desember 2017 - 08:46 WIB

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)
PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal bergerak naik ke titik resistensi di kisaran 6.022-6.046 pada perdagangan hari ini setelah kemarin ditutup naik 0,77% atau 46 poin ke posisi 5.998.

“Secara teknikal, IHSG saat ini memiliki titik support pertama dan kedua masing-masing di posisi 5.984-5.971 dan bersiap-siap untuk menembus titik resistensi pertama dan kedua di level 6.022-6.046,” ungkap Reza Priyambada, analis PT Binaartha Securities, di Jakarta, Selasa (05/12/2017).

Reza mengemukakan, pola dead cross di area positif sudah terlihat saat ini di indikator harian MACD. Sedangkan indeks stochastic dan RSI berada di posisi netral.

“Sementara itu kemunculan pola bullish homing pigeon candlestick menunjukkan adanya potensi berlanjutnya kenaikan pergerakan IHSG,” tukas Reza.

Reza menuturkan, adanya peluang pergerakan naik IHSG pada perdagangan hari ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku pasar untuk mencermati beberapa saham pilihan.

Adapun saham-saham yang perlu dicermati adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Indosat Ooredo Tbk (ISAT) dan saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Pendapat serupa juga ditegaskan oleh Yuganur Wijanarko, analis PT KGI Sekuritas Indonesia, Yuganur berpendapat IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal bergerak di atas level resistensi psikologis 6.000 setelah kemarin mampu mengalami kenaikan dan berada di teritori positif.

“Aksi jual yang dilakukan oleh sebagian pelaku pasar tampaknya mulai pudar sehingga mereka kini berpotensi untuk mengakumulasi saham-saham berkapitalisasi besar dan saham-saham lapis kedua pilihan,” papar Yuganur.

Menurut Yuganur, kondisi tersebut diperkirakan dapat membawa IHSG terus beranjak naik ke titik resistensi berikutnya di ksiaran 6.100-6.175.

Dengan mempertimbangkan kondisi pergerakan IHSG tersebut, maka Yuganur merekomendasikan BELI terhadap saham-saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA). (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…