PTPN X Optimis Peroleh Laba Tahun Ini Senilai Rp10 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 05 Desember 2017 - 08:19 WIB

Ilustrasi Petani Tebu (Ist)
Ilustrasi Petani Tebu (Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X optimistis akan memperoleh laba tahun ini dengan kisaran Rp10 miliar, karena telah melakukan efisiensi sejumlah komponen di perusahaan.

"Saat ini, laba kami sebelum pajak sekitar Rp5 miliar. Kalau sudah dikurangi pajak, bisa-bisa tidak untung. Tapi akhir tahun ini kami yakin tetap untung, “kata Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo di Surabaya, Senin (4/12/2017)

Dwi yang ditemui saat acara pelepasan pemberian bantuan PTPN X bagi korban bencana alam di Gunung Agung Bali dan banjir serta longsor Pacitan mengatakan, optimisme perolehan laba merupakan hal yang lebih baik, sebab tahun 2016 PTPN X merugi.

Ia mengatakan, kinerja tahun lalu perusahaan merugi sekitar Rp155 miliar, akibat kurang efisien ditambah produktifitas yang menurun.

Ia menyebut, tahun lalu produksi gula mencapai 380.403 ton, dan tahun ini berkurang menjadi 342.410 ton akibat pasokan bahan baku tebu berkurang, karena luasan lahan tebu yang menyusut.

Dwi yang merupakan mantan direktur produksi, teknik dan pengembangan PT Pupuk Iskandar Muda, Aceh ini mengakui penyusutan akibat alih fungsi lahan.

Di antaranya di Sidoarjo, dimana sejumlah lahan tebu di daerah ini beralih fungsi menjadi perumahan dan diganti dengan komoditas yang lain.

Sementara itu, ia optimistis kinerja akan terus meningkat karena juga telah melakukan kerja sama dengan Perhutani untuk pengadaan lahan tebu yang baru seluas 5.661 hektare dan tersebar di Blitar, Mojokerto, Jombang dan Bojonegoro.

Dia mengungkapkan, PTPN X masih mengandalkan pasokan bahan baku tebu dari petani dengan kontribusi mencapai 95 persen.

Untuk rendeman, kata dia, rata-rata mencapai 7,92 persen, dan rendemen tertinggi dicapai di Pabrik Gula Mojopanggung, Tulungagung.

"Kami berusaha meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan," katanya.

Sekretaris Perusahaan PTPN X, Adi Santoso mengatakan, untuk bantuan yang diberikan kepada korban bencana di Bali dan Pacita adalah berupa makanan, minuman dan segala macam pakaian seperti selimut dengan nilai sekitar Rp87 juta.

"PTPN X juga mengirim relawan untuk memberi bantuan secara langsung di lokasi bencana. Nanti kalau ada kebutuhan untuk tenaga medis, kami juga akan datangkan tenaga medis. Bantuan ini hanya tahap pertama," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Kamis, 18 April 2024 - 15:09 WIB

Top! KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Jakarta- KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT).

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…