INACHAM Ajak Investor Tiongkok Tanamkan Investasi di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 18:39 WIB

 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Ist)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesia Chamber of Commerce (INACHAM) di Hong Kong, dalam upaya meningkatkan kinerja ekspor dan menarik investasi ke dalam negeri.

Peresmian tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Daerah Administrasi Khusus Tiongkok pada Mei 2017. Pembentukan INACHAM Hong Kong tersebut difasilitasi penuh oleh Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dan Utusan Khusus Presiden RI untuk RRT dan Hong Kong Dato Sri A. Tahir, serta KADIN Indonesia.

"Kita sedikit tertinggal dari negara lain untuk membentuk Kamar Dagang di Hong Kong. Minat pelaku usaha Hong Kong kini sangat besar untuk menjadikan Indonesia sebagai mitra bisnisnya," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita seperti dilansir Antara, Minggu (3/12/2017)

Pembentukan INACHAM yang diresmikan pada 30 November 2017 tersebut, dirintis sejak dua tahun lalu dan mendapatkan momentum saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada bulan Mei 2017.

Pembentukan INACHAM di penghujung bulan November ini juga merupakan tanggapan cepat dari berbagai kalangan setelah ditandatanganinya Perjanjian Perdagangan Bebas dan Perjanjian Investasi antara ASEAN dan Hong Kong di sela-sela KTT ASEAN di Manila, Filipina pada pertengahan November 2017.

Pelaku usaha Hong Kong maupun pebisnis Indonesia yang sudah memiliki basis usahanya di Hong Kong, bisa meningkatkan skema usaha dengan memilih Indonesia sebagai mitra dagang dan investasi jangka panjang.

Indonesia memandang Hong Kong sebagai pintu untuk memasuki pasar Tiongkok lebih dalam lagi dan menarik investasi lebih besar ke Indonesia.

Sementara pelaku usaha Hong Kong memandang Indonesia sebagai hub bisnis untuk kawasan ASEAN dan mitra Free Trade Agreement (FTA) ASEAN lainnya seperti Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Selandia Baru.

"Konsep `regional networking melalui Hong Kong sangat menarik untuk dikembangkan Indonesia," ujar Enggartiasto.

Menurut dia, hal tersebut dikarenakan Hong Kong memiliki hubungan khusus dengan Tiongkok yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong ekspor Indonesia ke Tiongkok.

Selain itu, sebagai salah satu pusat keuangan dunia, Indonesia juga dapat menjadikan Hong Kong sebagai pusat regional promosi investasi untuk memfasilitasi masuknya investasi baru ke Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendag Enggar berharap agar INACHAM yang berkantor di lt.11, Nanyang Plaza, 57 Hung-To Road, Kwun Tong, Kowloon, Hong Kong ini dapat segera beroperasi secara efektif.

Saat ini kedudukan President of INCHAM-Hong Kong dijabat-rangkap oleh President of INACHAM di Beijing James Hartono, sementara jabatan Chairman of INACHAM-Hong Kong dipegang oleh Tjia Boen Sien, pebisnis Indonesia yang memiliki hubungan bisnis dengan Hong Kong sejak 30 tahun lalu.

Hong Kong menduduki negara tujuan ekspor nonmigas ke-15 terbesar bagi Indonesia untuk tahun 2016. Perdagangan Indonesia-Hong Kong tahun 2016 mencapai 3,91 miliar dolar AS dengan surplus sebesar 371 juta dolar AS bagi Indonesia.

Ekspor Indonesia ke Hong Kong tahun 2016 sebesar 2,14 miliar dolar AS dan impor sebesar 1,77 miliar dolar AS.

Pada tahun 2016, Hong Kong tercatat sebagai mitra investor ke-4 terbesar di Indonesia dengan nilai investasi mencapai 2,6 miliar doalr AS dan jumlah proyek sebanyak 1.137.

Indonesia juga tercatat memiliki kerja sama ekonomi dengan Hong Kong dalam kerangka ASEAN-Hong Kong FTA (AHKFTA) dan ASEAN-Hong Kong Investment Agreement (AHKIA) yang telah ditandangani pada November 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.