INACHAM Ajak Investor Tiongkok Tanamkan Investasi di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 18:39 WIB

 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Ist)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesia Chamber of Commerce (INACHAM) di Hong Kong, dalam upaya meningkatkan kinerja ekspor dan menarik investasi ke dalam negeri.

Peresmian tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Daerah Administrasi Khusus Tiongkok pada Mei 2017. Pembentukan INACHAM Hong Kong tersebut difasilitasi penuh oleh Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dan Utusan Khusus Presiden RI untuk RRT dan Hong Kong Dato Sri A. Tahir, serta KADIN Indonesia.

"Kita sedikit tertinggal dari negara lain untuk membentuk Kamar Dagang di Hong Kong. Minat pelaku usaha Hong Kong kini sangat besar untuk menjadikan Indonesia sebagai mitra bisnisnya," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita seperti dilansir Antara, Minggu (3/12/2017)

Pembentukan INACHAM yang diresmikan pada 30 November 2017 tersebut, dirintis sejak dua tahun lalu dan mendapatkan momentum saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada bulan Mei 2017.

Pembentukan INACHAM di penghujung bulan November ini juga merupakan tanggapan cepat dari berbagai kalangan setelah ditandatanganinya Perjanjian Perdagangan Bebas dan Perjanjian Investasi antara ASEAN dan Hong Kong di sela-sela KTT ASEAN di Manila, Filipina pada pertengahan November 2017.

Pelaku usaha Hong Kong maupun pebisnis Indonesia yang sudah memiliki basis usahanya di Hong Kong, bisa meningkatkan skema usaha dengan memilih Indonesia sebagai mitra dagang dan investasi jangka panjang.

Indonesia memandang Hong Kong sebagai pintu untuk memasuki pasar Tiongkok lebih dalam lagi dan menarik investasi lebih besar ke Indonesia.

Sementara pelaku usaha Hong Kong memandang Indonesia sebagai hub bisnis untuk kawasan ASEAN dan mitra Free Trade Agreement (FTA) ASEAN lainnya seperti Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Selandia Baru.

"Konsep `regional networking melalui Hong Kong sangat menarik untuk dikembangkan Indonesia," ujar Enggartiasto.

Menurut dia, hal tersebut dikarenakan Hong Kong memiliki hubungan khusus dengan Tiongkok yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong ekspor Indonesia ke Tiongkok.

Selain itu, sebagai salah satu pusat keuangan dunia, Indonesia juga dapat menjadikan Hong Kong sebagai pusat regional promosi investasi untuk memfasilitasi masuknya investasi baru ke Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendag Enggar berharap agar INACHAM yang berkantor di lt.11, Nanyang Plaza, 57 Hung-To Road, Kwun Tong, Kowloon, Hong Kong ini dapat segera beroperasi secara efektif.

Saat ini kedudukan President of INCHAM-Hong Kong dijabat-rangkap oleh President of INACHAM di Beijing James Hartono, sementara jabatan Chairman of INACHAM-Hong Kong dipegang oleh Tjia Boen Sien, pebisnis Indonesia yang memiliki hubungan bisnis dengan Hong Kong sejak 30 tahun lalu.

Hong Kong menduduki negara tujuan ekspor nonmigas ke-15 terbesar bagi Indonesia untuk tahun 2016. Perdagangan Indonesia-Hong Kong tahun 2016 mencapai 3,91 miliar dolar AS dengan surplus sebesar 371 juta dolar AS bagi Indonesia.

Ekspor Indonesia ke Hong Kong tahun 2016 sebesar 2,14 miliar dolar AS dan impor sebesar 1,77 miliar dolar AS.

Pada tahun 2016, Hong Kong tercatat sebagai mitra investor ke-4 terbesar di Indonesia dengan nilai investasi mencapai 2,6 miliar doalr AS dan jumlah proyek sebanyak 1.137.

Indonesia juga tercatat memiliki kerja sama ekonomi dengan Hong Kong dalam kerangka ASEAN-Hong Kong FTA (AHKFTA) dan ASEAN-Hong Kong Investment Agreement (AHKIA) yang telah ditandangani pada November 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BRI Suprajarto (Foto ist)

Sabtu, 17 November 2018 - 20:00 WIB

Sinergi BRI Dengan Portal Lelang Indonesia (DJKN) Akselerasi Pelaksanaan Lelang Agunan

Memperingati Hari Kekayaan Negara Ke-12, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggandeng PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk beserta Bank BUMN Lainnya melakukan penandatanganan Perjanjian…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Sabtu, 17 November 2018 - 18:59 WIB

OJK Remikan Badan Usaha Milik Desa Center Maju Sejahtera Desa Wonorejo

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso meresmikan BUM-desa Center Maju Sejahtera Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo sebagai yang ketiga setelah sebelumnya…

Grundfos Pompa Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 17 November 2018 - 17:23 WIB

Volume Penjualan Pompa Grundfos Dari Berbagai Segmen Capai 85.000 Unit

Sales Director PT Grundfos Pompa Indonesia, Junaedis Sijabat mengatakan, secara periodik pada tahun politik penjualan pompa memang cenderung menurun, karena banyak proyek yang tertunda dan mengakibatkan…

Produk Pompa Grundfos (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 17 November 2018 - 16:45 WIB

Penjualan Pompa PT Grundfos Pompa Indonesia Alami Pertumbuhan yang Signifikan Sepanjang Tahun 2018

PT Grundfos Pompa Indonesia mencatatkan penjualan pompa mengalami pertumbuhan rata-rata dua digit untuk semua jenis produknya di sepanjang tahun ini. Tahun ini, Grunfos menargetkan penjualan…

DPP Real Estat Indonesia (DPP REI) dan Bank Mandiri hari ini secara resmi membuka pameran properti, REI Mandiri Property Expo 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

Sabtu, 17 November 2018 - 16:40 WIB

REI Mandiri Expo 2018 Dorong Generasi Milenial Miliki Rumah

DPP Real Estat Indonesia (DPP REI) dan Bank Mandiri hari ini secara resmi membuka pameran properti, REI Mandiri Property Expo 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).