Bioskop Misbar Sail Sabang Gairahkan Komunitas Film

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 04:32 WIB

Wisata Kapal Layar (Foto ist)
Wisata Kapal Layar (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bioskop  Misbar  yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam Sail Sabang 2017 diharapkan menjadi sarana untuk menggairahkan komunitas film di Aceh.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (2/12/2017) , menyatakan bioskop misbar (gerimis bubar) merupakan bantuan pemerintah dalam fasilitasi revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif guna menjadi sarana yang tepat dalam mempromosikan hasil karya penduduk setempat di bidang sinematografi.

"Bioskop ini merupakan bagian dari infrastruktur ekonomi kreatif. Kami sempat beberapa kali ke Aceh bertemu dengan komunitas-komunitas film tapi mereka tidak punya wadah untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Nah, disinilah tujuan kami menyediakan bioskop misbar ini," katanya.

Hari mengatakan bioskop itu juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan kritik terhadap film.

Bioskop misbar berupa panggung khusus yang dibangun menghadap laut itu juga menyajikan film-film karya komunitas film lokal Aceh selama kegiatan Sail Sabang berlangsung 28 November hingga 4 Desember 2017.

Selain layar bioskop yang terletak di Sabang Fair, Kota Sabang, yang memutarkan film-film pilihan secara gratis, ada pula pertunjukan kesenian persembahan dari Dewan Kesenian Sabang (DKS) berupa seni tari dan puisi. Selanjutnya, ada kegiatan TED X pada tanggal 3 Desember dan Learn X tanggal 4 Desember di tempat yang sama.

Bekraf juga mengadakan penayangan film astronomi dalam bentuk dome (layar kubah) yang berlangsung pada tanggal 3-5 Desember di SMAN 1 Sabang.

Masyarakat khususnya anak muda sangat antusias menyambut kehadiran bioskop misbar Bekraf ini. Pasalnya, meski cuaca gerimis, para pengunjung yang datang tetap menonton dua film dengan menggunakan jas hujan yang disediakan.

"Kita merasa beruntung dan berterima kasih sekali dengan adanya misbar ini karena sangat representatif mendukung komunitas-komunitas yang ada khususnya film dan juga tari lalu seni rupa. Dengan adanya Misbar kita harapkan bisa membuat kegiatan yang bermanfaat bagi anak muda di sini," kata Ketua Dewan Kesenian Sabang Fadhlan.

Program-progam yang akan berlangsung di bioskop misbar Sabang diantaranya pemutaran film Indonesia, workshop film dan subsektor kreatif lainnya setiap bulan, pemutaran film lokal setiap minggu setelah pergelaran Sail Sabang 2017, dan pertunjukan dari komunitas film dan seni atau pelaku kreatif lainnya di Kota Sabang setiap dua minggu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inarno Djayadi Dirut BEI (Foto Tribunnews)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:15 WIB

BEI Bakal Percepat Periode Penyelesaian Transaksi Bursa Jadi T Plus Dua

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mempercepat periode penyelesaian (settlement) transaksi bursa dari T+3 menjadi T+2. Itu artinya, penyelesaian transaksi saham hingga penyerahan barang…

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:03 WIB

Gelombang Ekstrem Masih Terjadi Seminggu ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter atau dalam kategori ekstrem dan berbahaya masih akan terjadi dalam…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:58 WIB

DirjenPAS Akui Kejadian di Lapas Sukamiskin Masalah Serius

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian operasi tangkap tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin,…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:54 WIB

DirjenPas Akui Fasilitas Tak Standar di Lapas Sukamiskin

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di Lembaga…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:45 WIB

Pekan Lalu, Indeks Harga Saham Gabungan Terkoreksi 1,2%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penurunan 1,2% ke posisi 5.872,78 sepanjang pekan lalu (16-20 Juli 2018) dibandingkan posisi pada akhir pekan sebelumnya…