Bioskop Misbar Sail Sabang Gairahkan Komunitas Film

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 04:32 WIB

Wisata Kapal Layar (Foto ist)
Wisata Kapal Layar (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bioskop  Misbar  yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam Sail Sabang 2017 diharapkan menjadi sarana untuk menggairahkan komunitas film di Aceh.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (2/12/2017) , menyatakan bioskop misbar (gerimis bubar) merupakan bantuan pemerintah dalam fasilitasi revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif guna menjadi sarana yang tepat dalam mempromosikan hasil karya penduduk setempat di bidang sinematografi.

"Bioskop ini merupakan bagian dari infrastruktur ekonomi kreatif. Kami sempat beberapa kali ke Aceh bertemu dengan komunitas-komunitas film tapi mereka tidak punya wadah untuk mempresentasikan hasil karya mereka. Nah, disinilah tujuan kami menyediakan bioskop misbar ini," katanya.

Hari mengatakan bioskop itu juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan kritik terhadap film.

Bioskop misbar berupa panggung khusus yang dibangun menghadap laut itu juga menyajikan film-film karya komunitas film lokal Aceh selama kegiatan Sail Sabang berlangsung 28 November hingga 4 Desember 2017.

Selain layar bioskop yang terletak di Sabang Fair, Kota Sabang, yang memutarkan film-film pilihan secara gratis, ada pula pertunjukan kesenian persembahan dari Dewan Kesenian Sabang (DKS) berupa seni tari dan puisi. Selanjutnya, ada kegiatan TED X pada tanggal 3 Desember dan Learn X tanggal 4 Desember di tempat yang sama.

Bekraf juga mengadakan penayangan film astronomi dalam bentuk dome (layar kubah) yang berlangsung pada tanggal 3-5 Desember di SMAN 1 Sabang.

Masyarakat khususnya anak muda sangat antusias menyambut kehadiran bioskop misbar Bekraf ini. Pasalnya, meski cuaca gerimis, para pengunjung yang datang tetap menonton dua film dengan menggunakan jas hujan yang disediakan.

"Kita merasa beruntung dan berterima kasih sekali dengan adanya misbar ini karena sangat representatif mendukung komunitas-komunitas yang ada khususnya film dan juga tari lalu seni rupa. Dengan adanya Misbar kita harapkan bisa membuat kegiatan yang bermanfaat bagi anak muda di sini," kata Ketua Dewan Kesenian Sabang Fadhlan.

Program-progam yang akan berlangsung di bioskop misbar Sabang diantaranya pemutaran film Indonesia, workshop film dan subsektor kreatif lainnya setiap bulan, pemutaran film lokal setiap minggu setelah pergelaran Sail Sabang 2017, dan pertunjukan dari komunitas film dan seni atau pelaku kreatif lainnya di Kota Sabang setiap dua minggu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…