Semen Padang Raih 15 Penghargaan ICA 2017

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 09:00 WIB

PT Semen Padang
PT Semen Padang

INDUSTRY.co.id - Padang- PT Semen Padang kembali meraih penghargaan pada ajang Indonesia Coorporate Social Responsibility Award (ICA) 2017 dengan menggondol 15 kategori.

"Penghargaan ICA ini bergengsi bagi Semen Padang karena menjadi ajang pembuktian komitmen perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan," kata Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhamad Ikrar di Padang, Sabtu (2/12/2017)

Ia merinci 15 penghargaan tersebut antara lain kategori perorangan dan perusahaan.

Untuk kategori perorangan, Semen Padang mendapatkan penghargaan terbaik Chief Executive Officer (CEO), terbaik tingkat manajemen dan terbaik tingkat mitra.

Untuk tingkat CEO, diraih mantan Direktur Utama PT Semen Padang yang kini menjabat sebagai Direktur Produksi PT Semen Indonesia Benny Wendry.

Sedangkan tingkat manajemen, diberikan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang, Iskandar Zulkarnaen Lubis dengan karya tulis "CSR Semen Padang Basinergi Mambangun Nagari".

Kemudian tingkat mitra, diraih oleh Defriyeni Dahar sebagai Local Community Organizier (LCO) Semen Padang dengan karya tulis "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rumah Tangga dan Komunal".

Selanjutnya untuk tingkat perusahaan, secara keselurahan Semen Padang mendapatkan Grand Platinum bidang industri dan manufaktur.

"Pada kategori ini, juga diikutsertakan 11 program, dan alhamdulillah, semua program tersebut meraih penghargaan, yaitu 5 Platinum, 5 Gold dan 1 Silver," kata Ikrar kepada awak media.

Ia menyampaikan lima program yang mendapatkan platinum, yaitu PKBM Integrasi di Kelurahan Batu Gadang, Forum Nagari Indarung, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis delapan Asnaf Melalui UPZ PT Semen Padang, dan Nagari Pemberdayaan Posyandu Terintegrasi di Kelurahan Lambung Bukit, serta Klinik Semen Padang Paduli Sehat.

Kemudian Gold untuk program berjudul Pemberdayaan dan Perlindungan Konsumen, Pengolahan Gas Buang Menjadi Energi Listrik Melalui WHRPG, Investasi Sosial Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Berbasis Rumah Tangga dan Komunal, serta Kelompok Usaha Nagari Kelurahan Padang Besi.

Sedangkan kategori Silver, diraih melalui program Emergency Respons Bencana Banjir Melalui Pembangunan Jembatan Baringin.

Selain Semen Padang, tiga perusahaan lainnya yang mendapatkan Grand Platinum adalah PT Kideco Daya Agung pada sektor Pertambangan dan Energi, PT Kaltim Prima Coal yang juga di sektor Pertambangan dan Energi, dan PT PLN di sektor Jasa, Perbankan dan Telematika.

Pada ajang ini, ada 28 perusahaan BUMN dan Swasta yang menjadi peserta ICA 2017.

Sebelumnya pada ICA 2014, PT Semen Padang meraih 13 penghargaan. Penghargaan itu adalah enam Platinum dan empat Gold, serta dua anugerah terbaik untuk kategori perseorangan, yakni CEO Terbaik dari 33 perusahaan peserta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 Desember 2017 - 23:16 WIB

Melalui Nusa Buku, Medco Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Nusantara

Medco Group mengajak semua elemen bekerja bersama memperkuat literasi budaya nusantara.

Menteri Perindusterian Airlangga Hartarto

Senin, 18 Desember 2017 - 21:34 WIB

Inilah Strategi Kemenperin Tangkap Peluang Pengembangan Era Digital

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menegaskan, pihaknya tidak hanya mengajak kepada pelaku industri berskala besar, tetapi juga industri kecil dan menengah (IKM) agar ikut menangkap peluang…

Mobil Listrik Supercar Lowo Ireng

Senin, 18 Desember 2017 - 21:29 WIB

Besok, Jokowi Resmikan Tol Sumo Sekaligus Jajal Mobil Listrik Karya ITS

Jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi 1B, II, dan III akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (19/12/2017). Kesempatan tersebut rencananya sekaligus dimanfaatkan Presiden…

Vokalis Utama SHINee, Kim Jong Hyun (Foto:soompi.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 20:05 WIB

Dugaan Bunuh Diri, Jonghyun SHINee Ditemukan Tak Bernyawa

Kabar duka dari boy band asal Korea Selatan, Vokalis utama grup SHINee, Kim Jong Hyun, Sore ini dikabarkan meninggal dunia. Menurut polisi dan pemadam kebakaran, Jonghyun ditemukan tidak sadarkan…

Pengurus ILUNI UI pimpinan Arief Budhy Hardono (Foto Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 19:04 WIB

ILUNI UI Minta Pemerintah Dorong BUMN Segera Produksi Serum Vaksin Sendiri

Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), meminta pemerintah untuk segera mendorong badan-badan usaha milik negara (BUMN) dan daerah (BUMD) , memproduksi berbagai serum…