Selamat Jalan, Mas Bondan

Oleh : Jaya Suprana | Kamis, 30 November 2017 - 12:35 WIB

Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)
Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Saya pribadi, almarhum Bondan Winarno bukan “hanya” seorang tokoh kuliner Nusantara yang menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional atas kemahakayarayaan mahakarya kuliner Nusantara yang memang tiada dua dalam kebhinneka-tunggal-ikaan di marcapada ini.

Mahaguru
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan seorang sahabat merangkap mahaguru saya di bidang kegiatan kehidupan sebagai penulis.

Mas Bondan menyemangati saya untuk terus mengembangkan kegiatan tulis-menulis dengan memberikan ruang di berbagai media cetak di mana beliau aktif sebagai redaksi. Bagi saya, mas Bondan merupakan tokoh jurnalistik serba bisa yang tidak terikat pada bidang tertentu saja namun meluas ke berbagai aspek kehidupan dalam kebudayaan mulai dari politik sampai ke adhiboga.

Mas Bondan merupakan penulis review pertama terhadap resital piano tunggal perdana saya di Tanah Air Udara tercinta setelah sebelumnya saya berkeliaran di panggung mancanegara.

Marketing
Bagi saya pribadi, rubrik “Kiat” yang dihadirkan mas Bondan di TEMPO merupakan rubrik marketing pertama sekaligus terbaik di Indonesia yang meyakini bahwa marketing pada hakikatnya bukan ilmu namun seni.

Saya tidak pernah melupakan keberpihakan mas Bondan yang mati-matian membela saya di dalam kemelut polemik mengenai keyakinan saya bahwa marketing bukan merupakan ilmu namun seni Mas Bondan pula yang mengajak saya untuk bergabung di International Advertising Association serta Admen’s Club sebagai wadah pertama bagi insan periklanan Indonesia.

Bahkan mas Bondan sendiri sempat bermurah hati merelakan dirinya sebagai model iklan secara con amore untuk Jamu Jago.

Adalah mas Bondan pula yang menanamkan rasa percaya diri kepada saya untuk terus berkiprah di bidang seni musik sambil juga menyemangati saya untuk menjadi penulis sehingga kini saya berperan sebagai penulis pada berbagai media massa termasuk RMOL yang setiap hari setia mempublikasikan naskah-naskah saya mengenai berbagai aspek kehidupan dalam peradaban umat manusia.

Budayawan
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan sosok seorang budayawan paripurna . Maka saya pribadi merasa kehilangan seorang sahabat merangkap mahaguru serta seorang budayawan yang senantiasa gigih menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional terhadap kemahakaryaan kebudayaan Nusantara yang tiada dua di planet bumi ini.

Selamat jalan, mas Bondan!

[*] Penulis adalah pendiri MURI sebagai lembaga Gerakan Kebanggaan Nasional

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:52 WIB

Produktivitas Pertanian Hingga Berantas Mafia Pangan Jadi Bahasan Dialog Mentan Saat Kuliah Umum di IPB

Permintaan Presiden Joko Widodo agar diwujudkannya kesejahteraan petani menjadi landasan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam melakukan berbagai capaian terobosan kinerjanya. Arahan Presiden…

PT Unilever Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:47 WIB

IHSG Melemah Momentum Beli

Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5725-5747 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5788-5801. Pergerakan IHSG yang terus tertekan mengurangi peluang IHSG untuk…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:39 WIB

Pelantikan Menpan-RB Baru, Bamsoet akan Hadir

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membenarkan bahwa dirinya diundang menghadiri pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:32 WIB

Tinggalkan Jabatan Menteri, Asman Abnur Ingin Ekses di DPR

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap dapat kembali eksis menjadi anggota legislatif di parlemen pada periode berikutnya, setelah tidak menjadi menteri.

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi, Syafruddin (makassar.tribunnews.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:21 WIB

Wakapolri Benarkan Dirinya Duduki Posisi Mentan-RB

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin membenarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…