Selamat Jalan, Mas Bondan

Oleh : Jaya Suprana | Kamis, 30 November 2017 - 12:35 WIB

Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)
Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Saya pribadi, almarhum Bondan Winarno bukan “hanya” seorang tokoh kuliner Nusantara yang menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional atas kemahakayarayaan mahakarya kuliner Nusantara yang memang tiada dua dalam kebhinneka-tunggal-ikaan di marcapada ini.

Mahaguru
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan seorang sahabat merangkap mahaguru saya di bidang kegiatan kehidupan sebagai penulis.

Mas Bondan menyemangati saya untuk terus mengembangkan kegiatan tulis-menulis dengan memberikan ruang di berbagai media cetak di mana beliau aktif sebagai redaksi. Bagi saya, mas Bondan merupakan tokoh jurnalistik serba bisa yang tidak terikat pada bidang tertentu saja namun meluas ke berbagai aspek kehidupan dalam kebudayaan mulai dari politik sampai ke adhiboga.

Mas Bondan merupakan penulis review pertama terhadap resital piano tunggal perdana saya di Tanah Air Udara tercinta setelah sebelumnya saya berkeliaran di panggung mancanegara.

Marketing
Bagi saya pribadi, rubrik “Kiat” yang dihadirkan mas Bondan di TEMPO merupakan rubrik marketing pertama sekaligus terbaik di Indonesia yang meyakini bahwa marketing pada hakikatnya bukan ilmu namun seni.

Saya tidak pernah melupakan keberpihakan mas Bondan yang mati-matian membela saya di dalam kemelut polemik mengenai keyakinan saya bahwa marketing bukan merupakan ilmu namun seni Mas Bondan pula yang mengajak saya untuk bergabung di International Advertising Association serta Admen’s Club sebagai wadah pertama bagi insan periklanan Indonesia.

Bahkan mas Bondan sendiri sempat bermurah hati merelakan dirinya sebagai model iklan secara con amore untuk Jamu Jago.

Adalah mas Bondan pula yang menanamkan rasa percaya diri kepada saya untuk terus berkiprah di bidang seni musik sambil juga menyemangati saya untuk menjadi penulis sehingga kini saya berperan sebagai penulis pada berbagai media massa termasuk RMOL yang setiap hari setia mempublikasikan naskah-naskah saya mengenai berbagai aspek kehidupan dalam peradaban umat manusia.

Budayawan
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan sosok seorang budayawan paripurna . Maka saya pribadi merasa kehilangan seorang sahabat merangkap mahaguru serta seorang budayawan yang senantiasa gigih menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional terhadap kemahakaryaan kebudayaan Nusantara yang tiada dua di planet bumi ini.

Selamat jalan, mas Bondan!

[*] Penulis adalah pendiri MURI sebagai lembaga Gerakan Kebanggaan Nasional

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:55 WIB

RI-Singapura Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Industri di Bidang Pendidikan Vokasi

Indonesia dan Singapura sepakat meningkatkan kerja sama di bidang investasi dan pendidikan vokasi, khususnya untuk sektor industri.

BLACKPINK, BTS, EXO danTWICE saat memenangkan penghargaan di 7th Gaon Chart Music Awards, Seoul (14/2). (Dok Soompi)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:33 WIB

IU, BTS dan Deretan Idol Pemenang '7th Gaon Chart Music Awards', Selamat!

Acara penghargaan musik tahunan yang diadakan di Korea Selatan, Gaon Chart Music Awards 2018 sukses digelar pada Rabu (14/2) kemarin, di Jamsil Indoor Gymnasium, Seoul. Acara yang dibawakan…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:30 WIB

Mengintip Target Jumbo Kinerja PT PP Presisi Tbk Tahun 2018

PT PP Presisi Tbk salah satu perusahaan yang mematok target kinerja menterang tahun ini. Dalam waktu dekat, anak usaha PT PP (Persero) Tbk itu juga akan mengakuisisi dua perusahaan senilai Rp…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:02 WIB

Pengembangan Bisnis, Tahun ini PT PP Presisi Tbk Siap Akuisisi Perusahaan Asal Jepang

Dalam mendukung rencana pengembangan bisnis, tahun ini PT PP Presisi Tbk ( PPRE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 1,5 triliun Rp 1,6 triliun. Direktur Utama PT PP Presisi Tbk,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:40 WIB

Selain KIK, Menperin Tawarkan Tiga Kawasan Industri Ini Dihadapan Menlu Singapura

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong Singapura agar dapat terus mengembangkan pembangunan kawasan industri di daerah lain Indonesia, yang konsepnya terintegrasi…