Selamat Jalan, Mas Bondan

Oleh : Jaya Suprana | Kamis, 30 November 2017 - 12:35 WIB

Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)
Bondan Winarno (Foto:maknyusbw/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Saya pribadi, almarhum Bondan Winarno bukan “hanya” seorang tokoh kuliner Nusantara yang menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional atas kemahakayarayaan mahakarya kuliner Nusantara yang memang tiada dua dalam kebhinneka-tunggal-ikaan di marcapada ini.

Mahaguru
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan seorang sahabat merangkap mahaguru saya di bidang kegiatan kehidupan sebagai penulis.

Mas Bondan menyemangati saya untuk terus mengembangkan kegiatan tulis-menulis dengan memberikan ruang di berbagai media cetak di mana beliau aktif sebagai redaksi. Bagi saya, mas Bondan merupakan tokoh jurnalistik serba bisa yang tidak terikat pada bidang tertentu saja namun meluas ke berbagai aspek kehidupan dalam kebudayaan mulai dari politik sampai ke adhiboga.

Mas Bondan merupakan penulis review pertama terhadap resital piano tunggal perdana saya di Tanah Air Udara tercinta setelah sebelumnya saya berkeliaran di panggung mancanegara.

Marketing
Bagi saya pribadi, rubrik “Kiat” yang dihadirkan mas Bondan di TEMPO merupakan rubrik marketing pertama sekaligus terbaik di Indonesia yang meyakini bahwa marketing pada hakikatnya bukan ilmu namun seni.

Saya tidak pernah melupakan keberpihakan mas Bondan yang mati-matian membela saya di dalam kemelut polemik mengenai keyakinan saya bahwa marketing bukan merupakan ilmu namun seni Mas Bondan pula yang mengajak saya untuk bergabung di International Advertising Association serta Admen’s Club sebagai wadah pertama bagi insan periklanan Indonesia.

Bahkan mas Bondan sendiri sempat bermurah hati merelakan dirinya sebagai model iklan secara con amore untuk Jamu Jago.

Adalah mas Bondan pula yang menanamkan rasa percaya diri kepada saya untuk terus berkiprah di bidang seni musik sambil juga menyemangati saya untuk menjadi penulis sehingga kini saya berperan sebagai penulis pada berbagai media massa termasuk RMOL yang setiap hari setia mempublikasikan naskah-naskah saya mengenai berbagai aspek kehidupan dalam peradaban umat manusia.

Budayawan
Bagi saya pribadi, mas Bondan merupakan sosok seorang budayawan paripurna . Maka saya pribadi merasa kehilangan seorang sahabat merangkap mahaguru serta seorang budayawan yang senantiasa gigih menggelorakan semangat Kebanggaan Nasional terhadap kemahakaryaan kebudayaan Nusantara yang tiada dua di planet bumi ini.

Selamat jalan, mas Bondan!

[*] Penulis adalah pendiri MURI sebagai lembaga Gerakan Kebanggaan Nasional

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Senin, 28 Mei 2018 - 15:52 WIB

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Buat Prototipe Pesawat Tanpa Awak Pemadam Kebakaran

Pesawat tanpa awak tersebut diberi nama PROPEDER Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…