Pascagempa Pidie Jaya Aceh Pembangunan Sekolah Dipercepat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Januari 2017 - 04:31 WIB

Mendikbud, Muhadjir Effendy
Mendikbud, Muhadjir Effendy

INDUSTRY.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan pembangunan gedung sekolah pascagempa Pidie Jaya, Aceh, terutama yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) dipercepat.

"Saya mengharapkan Kemen-PUPR segera menuntaskan pembangunan ruang kelas sementara dan memulai pembangunan gedung sekolah permanen sehingga Kemendikbud dapat memenuhi kewajiban menyediakan mebeler dan peralatan yang dibutuhkan ruang-ruang kelas nanti," kata Muhadjir lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (2/1)

Dia mengatakan gedung sekolah yang baru nanti harus lebih baik dari yang lama.

Menurut dia, pembangunan ruang kelas darurat dan gedung permanen menjadi tanggung jawab Kemen-PUPR dengan anggaran dari BNPB, sementara Kemendikbud bertanggung jawab untuk menyediakan mebeler dan peralatan pembelajaran.

Mendikbud juga berharap sekolah-sekolah yang rusak ringan agar betul-betul mengajak siswanya kembali ke sekolah.

"Karena itu, penyembuhan trauma dan bimbingan psikososial penting dan akan terus dilakukan oleh Kemdikbud," kata dia.

Kemdikbud, kata dia, akan terus melatih guru-guru dengan materi penyembuhan trauma selain juga menyediakan perlengkapan sekolah dan alat pembelajaran walaupun proses belajar mengajar masih harus dilakukan di bawah tenda untuk sekolah-sekolah yang rusak berat.

Hasil pemantauan tim Kemdikbud terkait kerusakan sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan melaporkan terdapat 65 sekolah yang mengalami kerusakan, terdiri dari 35 sekolah dasar, 11 sekolah menengah pertama, 13 sekolah menengah atas dan enam sekolah menengah kejuruan.

Selain itu, terdapat juga 81 fasilitas pendidikan anak usia dini mengalami kerusakan sarana dan prasarana dengan tingkat rusak sedang dan berat.

Sejauh ini sudah didirikan 170 tenda di 68 titik lokasi sekolah. Sebanyak 158 ruang kelas sementara juga sedang dibangun di 28 titik lokasi sekolah yang rusak berat.

Mendikbud mengatakan rencana pemenuhan kebutuhan bantuan pascagempa Aceh dengan total anggaran sekitar Rp68,2 miliar dengan rincian pada tahun 2016 akan disalurkan sebesar Rp25,8 miliar dan tahun anggaran 2017 dialokasikan sebesar Rp42,4 miliar.(*/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…