Ciputra Group Kukuhkan 36 Tahun Kepemimpinannya dalam Dunia Usaha

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 November 2017 - 06:29 WIB

Dr. Hc. Ir. Ciputra dan keluarga (Foto Ist)
Dr. Hc. Ir. Ciputra dan keluarga (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Ciputra Group dengan portfolio sebanyak 91 proyek residensial dan              39 proyek komersial dan sosial, hari ini merayakan hari jadi korporasi dan jejak karyanya sepanjang 36 tahun dalam acara Founders Day 2017.

Ciputra Grup sebagai salah satu pengembang properti terbesar dan dengan diversifikasi segmen produk, lokasi dan pasar paling luas di Indonesia. Kelompok usaha ini fokus pada proyek-proyek pembangunan skala besar yang terintegrasi termasuk perumahan, gedung bisnis komersial, pusat rekreasional, hotel, pusat perbelanjaan dan fasilitas serbaguna lainnya. Lebih jauh, Ciputra Group sudah mendiversifikasi usahanya dan terlibat dalam sektor-sektor lain seperti olahraga dan rekreasi, media, telekomunikasi, kesehatan dan pendidikan.

Perusahaan yang dibangun pada tahun 1981 ini kini pun telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan global dengan didukung oleh sedikitnya 100 anak perusahaan di bidang properti dan telah berkarya di        44 kota baik di dalam maupun luar negeri, termasuk Vietnam, Kamboja, India dan Cina.

President Director Ciputra Group, Candra Ciputra menegaskan, “Di usia yang lebih dari tiga dekade, Ciputra Group terus berkomitmen hadir sebagai perusahaan yang teraktif dan inovatif, dengan tanggungjawab terhadap peningkatan kualitas hidup para pemangku kepentingan dan untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi Indonesia.” Oleh karenanya, visi yang terpelihara baik tersebut diangkat dalam selebrasi hari ini yang diberi tema “Sustainable Innovation”.

Kesuksesan Ciputra Group tidak lepas dari sosok inspiratif pendirinya, Dr. Hc. Ir. Ciputra. Memanfaatkan modal awal sebesar Rp 10 juta, Ciputra berhasil mengembangkan usahanya dengan total aset PT Ciputra Development mencapai Rp 32 triliun. Sosok Ciputra menginspirasi Alberthine Endah untuk menulis buku biografi pertama Ciputra “The Passion of My Life” yang juga diluncurkan pada kesempatan ini.

Buku “The Passion of My Life” adalah sebuah kisah untuk menginspirasi dan memotivasi bahwa kita semua memiliki hak untuk menciptakan impian terindah, berinovasi dan berjerih payah untuk mencapainya. 

Buku setebal 600 halaman ini adalah hasil refleksi mendalam dari kehidupan bapak Ciputra di usia                86 tahun. Buku ini mengisahkan perjalanan seorang Ciputra yang lahir dari keluarga sederhana yang dengan semangat  dan kerja kerasnya berhasil menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

“Melalui buku ini, saya ingin mempresentasikan sosok Ciputra bukan hanya sebagai pengusaha besar dan tokoh filantrofis negeri, namun juga sebagai pribadi yang gigih dan rela menderita demi passion yang teguh ia wujudkan. Pembaca tentu dapat meneladani etos kerja dan sikap hidupnya ini,” jelas Alberthine Endah.  

Terkait buku biografinya Dr. Hc. Ir. Ciputra mengatakan bahwa buku tersebut merupakan salah satu bentuk warisan yang ia tinggalkan tidak hanya untuk anak cucu, tetapi bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama para generasi muda penerus bangsa.

“Saya berharap buku ini dapat mengingatkan generasi muda untuk memiliki integritas, profesionalisme dan semangat kewirausahawan. Nilai-nilai ini pula yang menjadi landasan Ciputra Group. Saya percaya dengan menjalani nilai-nilai ini secara konsisten, kesuksesan dapat diraih”, ungkapnya.

Ciputra yang juga menjadi pendukung besar bagi bangkitnya gelombang kewirausahaan di Indonesia mengatakan, “Inovasi yang berkelanjutan adalah kunci keberhasilan pembangunan, dan generasi muda adalah penggeraknya. Kewirausahaan dapat menjadi solusi persoalan sosial terkait korupsi dan pengangguran karena berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan.”

Ciputra Group merupakan salah satu perusahaan paling aktif dalam mendorong program entrepreneurship di Indonesia. Secara jeli Ciputra melihat bahwa Indonesia masih membutuhkan begitu banyak pelaku wirausaha untuk memacu pertumbuhan ekonomi sekaligus untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Baru-baru ini Ciputra Group melalui Ciputra Entrepreneurship Foundation menjalin kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam memberikan pelatihan kewirausahaan bagi pendamping dan masyarakat perhutanan sosial yang ditargetkan mencapai seluas 12.7 juta ha.

Acara Founders Day 2017 turut diisi berbagai seminar edukasi dan bisnis, serta menjadi momen pemberian penghargaan kepada para karyawan dengan masa kerja selama 15 hingga 30 tahun. Acara juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dalam negeri seperti Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri; Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardjojo; serta ekonom dan politisi, Faisal Basri.

Pada kesempatan ini, Ciputra secara simbolis memberikan buku “The Passion of My Life” kepada Megawati Soekarnoputri; dekan sejumlah perguruan tinggi milik Ciputra Group; perwakilan lulusan program entrepreneurship Ciputra Group yang telah sukses menjalankan usahanya; serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…