Menperin Prediksi Industri Kertas Akan Membaik di 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 Januari 2017 - 15:52 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemperin) memprediksi, pada 2017 industri kertas dan barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman tumbuh 2,4%-2,7% dibanding 2016.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam catatan tertulisnya memperkirakan industri kertas akan membaik di tahun ini. Sebagai gambaran, tahun 2016 industri ini diproyeksikan tumbuh 2,8%-3,2% dibanding 2015.

Sebelumnya Menperin menyebutkan, saat ini Indonesia menjadi negara produsen kertas terbesar keenam di dunia. Sedangkan untuk industri pulp menempati peringkat kesembilan.

“Pada 2015 saja, kontribusi industri kertas dan barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman dalam pembentukan PDB mencapai Rp 87,7 triliun,” kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Sementara, Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) mengatakan bahwa saat ini konsumsi kertas di Indonesia mencapai 12 juta ton per tahun.

Tahun depan industri kertas akan semakin meningkat dengan melihat negara China yang mulai mengurangi penggunaan batubara yang sudah dipastikan akan memicu harga kertas menjadi mahal di China.

Kemudian, untuk biaya pengeluaran transportasi negara panda tersebut juga diprediksi akan meningkat 30% di tahun ini.

“Artinya, ini merupakan peluang Indonesia untuk menggenjot produksi,” kata Rusli Tan, Dewan Pakar APKI, Jumat (30/12).

Rusli menambahkan, tahun ini industri kertas akan ditargetkan meningkat 3 juta ton menjadi 15 juta-16 juta ton per tahun. (Hry/ tan)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nokia 3.1 Plus Resmi meluncur di Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:32 WIB

Nokia 3.1 Plus Resmi Hadir Untuk Pasar Indonesia, Apa Saja Kelebihanya?

HMD Global, the home of Nokia phones, mengumumkan kehadiran Nokia 3.1 Plus di Indonesia, smartphone dengan layar 6-inchi HD+ dan daya tahan baterai selama 2 hari.

Panen jagung

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:31 WIB

Kementan Perkuat Koordinasi Untuk Mendukung Usaha Perunggasan Nasional Yang Sehat

Jakarta, Kementan terus memperkuat koordinasi untuk mendukung usaha perunggasan nasional yang sehat. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita di…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:10 WIB

Peringati Hari Air Dunia, Menteri Basuki Ajak Generasi Milenial Jaga Lingkungan dan Air

Hari Air Dunia (HAD) diperingati setiap tanggal 22 Maret, pada tahun 2019 mengangkat tema internasional “Leaving No One Behind” yang diadaptasi dalam tema Indonesia “Semua Harus Mendapatkan…

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, memberikan plakat kepada Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dalam acara Customer Gathering BGR Logistics

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:02 WIB

Jelang Hari Jadi ke-42, BGR Logistics Berikan Apresiasi Bagi Pelanggan Setia

Apresiasi tersebut sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan jasa logistik milik BGR Logistics.

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:00 WIB

Jumlah Penumpang Singapore Airlines Sepanjang Februari Stabil

Pada bulan Februari 2019, tingkat keterisian penumpang (PLF) SIA Group stabil pada 81,2% (+0,3 poin persentase secara year-on-year). Jumlah penumpang yang diangkut (diukur dalam pendapatan dari…