Menperin Prediksi Industri Kertas Akan Membaik di 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 Januari 2017 - 15:52 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemperin) memprediksi, pada 2017 industri kertas dan barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman tumbuh 2,4%-2,7% dibanding 2016.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam catatan tertulisnya memperkirakan industri kertas akan membaik di tahun ini. Sebagai gambaran, tahun 2016 industri ini diproyeksikan tumbuh 2,8%-3,2% dibanding 2015.

Sebelumnya Menperin menyebutkan, saat ini Indonesia menjadi negara produsen kertas terbesar keenam di dunia. Sedangkan untuk industri pulp menempati peringkat kesembilan.

“Pada 2015 saja, kontribusi industri kertas dan barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman dalam pembentukan PDB mencapai Rp 87,7 triliun,” kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Sementara, Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) mengatakan bahwa saat ini konsumsi kertas di Indonesia mencapai 12 juta ton per tahun.

Tahun depan industri kertas akan semakin meningkat dengan melihat negara China yang mulai mengurangi penggunaan batubara yang sudah dipastikan akan memicu harga kertas menjadi mahal di China.

Kemudian, untuk biaya pengeluaran transportasi negara panda tersebut juga diprediksi akan meningkat 30% di tahun ini.

“Artinya, ini merupakan peluang Indonesia untuk menggenjot produksi,” kata Rusli Tan, Dewan Pakar APKI, Jumat (30/12).

Rusli menambahkan, tahun ini industri kertas akan ditargetkan meningkat 3 juta ton menjadi 15 juta-16 juta ton per tahun. (Hry/ tan)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…

Bendungan Logung Kudus

Jumat, 16 November 2018 - 11:34 WIB

Pembangunan Rampung, Bendungan Logung Kudus Akan Tingkatkan Suplai Air Untuk Lahan Pertanian

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018.