Menperin Dorong Tiga Sektor Ini Untuk Memacu Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Oleh : Ridwan | Senin, 27 November 2017 - 12:14 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong pemberian insentif untuk industri inovasi, pendidikan vokasi dan industri padat karya berorientasi ekspor.

"Ketiga sektor itu akan kita dorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM)," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara FGD Kadin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ia menambahkan, untuk investasi di sektor pendidikan vokasi, saya akan meminta diberi fasilitas 200 peesen untuk pemotongan pajaknya (tax allowance). Sedangkan untuk sektor inovasi kita dorong pemberian insentif berupa tax allowance 300 persen.

"Dengan pemberian insentif ini akan semakin mendorong investasi sektor inovasi. Sehingga inovasi mereka tidak dibawa ke luar negeri, tapi dikembangkan di dalam negeri," terangnya.

Sedangkan untuk industri padat karya berorientasi ekspor, lanjut Menperin, kita akan sediakan insentif berupa skim tax allowance tersendiri berbasis tenaga kerja.

"Terkiat rentannya kita sedang bicarakan, untuk kapannya ini kita sedang negosiasi. Mudah-mudahan pada kuartak pertama tahun 2018 sudah selesai," kata Airlangga.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan pendidikan vokasi merupakan prioritas pemerintah setelah pembangunan infrastruktur.

Pembangunan SDM ini bertujuan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau demand driven.

"Oleh karena itu, pendidikan vokasi jadi kunci utama untuk pertumbuhan industri nasional yang berkelanjuta," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BLACKPINK, BTS, EXO danTWICE saat memenangkan penghargaan di 7th Gaon Chart Music Awards, Seoul (14/2). (Dok Soompi)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:33 WIB

IU, BTS dan Deretan Idol Pemenang '7th Gaon Chart Music Awards', Selamat!

Acara penghargaan musik tahunan yang diadakan di Korea Selatan, Gaon Chart Music Awards 2018 sukses digelar pada Rabu (14/2) kemarin, di Jamsil Indoor Gymnasium, Seoul. Acara yang dibawakan…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:30 WIB

Mengintip Target Jumbo Kinerja PT PP Presisi Tbk Tahun 2018

PT PP Presisi Tbk salah satu perusahaan yang mematok target kinerja menterang tahun ini. Dalam waktu dekat, anak usaha PT PP (Persero) Tbk itu juga akan mengakuisisi dua perusahaan senilai Rp…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:02 WIB

Pengembangan Bisnis, Tahun ini PT PP Presisi Tbk Siap Akuisisi Perusahaan Asal Jepang

Dalam mendukung rencana pengembangan bisnis, tahun ini PT PP Presisi Tbk ( PPRE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 1,5 triliun Rp 1,6 triliun. Direktur Utama PT PP Presisi Tbk,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:40 WIB

Selain KIK, Menperin Tawarkan Tiga Kawasan Industri Ini Dihadapan Menlu Singapura

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong Singapura agar dapat terus mengembangkan pembangunan kawasan industri di daerah lain Indonesia, yang konsepnya terintegrasi…

Ilustrasi Bank (Kompas.com)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:35 WIB

Ini Cara Industri Perbankan Genjot Pertumbuhan Bisnis di 2018

Prediksi membaiknya perekonomian global dan domestik memberikan harapan pada tumbuhnya bisnis perbankan di tahun 2018. Berdasarkan data yang dirilis Bank Dunia , pertumbuhan ekonomi Indonesia…