Menperin Dorong Tiga Sektor Ini Untuk Memacu Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Oleh : Ridwan | Senin, 27 November 2017 - 12:14 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong pemberian insentif untuk industri inovasi, pendidikan vokasi dan industri padat karya berorientasi ekspor.

"Ketiga sektor itu akan kita dorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM)," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara FGD Kadin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ia menambahkan, untuk investasi di sektor pendidikan vokasi, saya akan meminta diberi fasilitas 200 peesen untuk pemotongan pajaknya (tax allowance). Sedangkan untuk sektor inovasi kita dorong pemberian insentif berupa tax allowance 300 persen.

"Dengan pemberian insentif ini akan semakin mendorong investasi sektor inovasi. Sehingga inovasi mereka tidak dibawa ke luar negeri, tapi dikembangkan di dalam negeri," terangnya.

Sedangkan untuk industri padat karya berorientasi ekspor, lanjut Menperin, kita akan sediakan insentif berupa skim tax allowance tersendiri berbasis tenaga kerja.

"Terkiat rentannya kita sedang bicarakan, untuk kapannya ini kita sedang negosiasi. Mudah-mudahan pada kuartak pertama tahun 2018 sudah selesai," kata Airlangga.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan pendidikan vokasi merupakan prioritas pemerintah setelah pembangunan infrastruktur.

Pembangunan SDM ini bertujuan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau demand driven.

"Oleh karena itu, pendidikan vokasi jadi kunci utama untuk pertumbuhan industri nasional yang berkelanjuta," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ridwan Kamil

Senin, 24 September 2018 - 21:30 WIB

Kang Emil akan Berikan Santunan kepada Korban Pengeroyokan Oknum Bobotoh

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) , akan memberikan santunan kepada keluarga korban pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum Bobotoh, jelang pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta,…

Tersangka Tindak Pidana (Foto Ist)

Senin, 24 September 2018 - 21:00 WIB

Polisi Bandung Tangkap Tujuh Pelaku Pengeroyokan Anggota Jakmania

Polisi telah menangkap tujuh tersangka pelaku dugaan pengeroyokan terhadap seorang pendukung Persija bernama Haringga Sirla (23) yang berujung tewasnya pemuda tersebut.

Teluk Bintuni

Senin, 24 September 2018 - 20:38 WIB

Butuh Dana Rp 1,7 Triliun Kembangkan Industri Teluk Bintuni

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat. Langkah yang akan dilakukan melalui skema kerja sama Permerintah dan Badan Usaha (KPBU)…

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 24 September 2018 - 20:00 WIB

Kejagung: Investasi di Australia Rugikan Pertamina Rp568 Miliar

Kejaksaan Agung menegaskan kerugian keuangan negara akibat dugaan korupsi investasi PT Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada tahun 2009 mencapai Rp568 miliar.

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan (Foto Meirino)

Senin, 24 September 2018 - 19:45 WIB

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyediakan skema pembayaran tagihan fasilitas kesehatan mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini ditandai dengan adanya penandatangan…