Menperin Dorong Tiga Sektor Ini Untuk Memacu Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Oleh : Ridwan | Senin, 27 November 2017 - 12:14 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong pemberian insentif untuk industri inovasi, pendidikan vokasi dan industri padat karya berorientasi ekspor.

"Ketiga sektor itu akan kita dorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM)," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara FGD Kadin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ia menambahkan, untuk investasi di sektor pendidikan vokasi, saya akan meminta diberi fasilitas 200 peesen untuk pemotongan pajaknya (tax allowance). Sedangkan untuk sektor inovasi kita dorong pemberian insentif berupa tax allowance 300 persen.

"Dengan pemberian insentif ini akan semakin mendorong investasi sektor inovasi. Sehingga inovasi mereka tidak dibawa ke luar negeri, tapi dikembangkan di dalam negeri," terangnya.

Sedangkan untuk industri padat karya berorientasi ekspor, lanjut Menperin, kita akan sediakan insentif berupa skim tax allowance tersendiri berbasis tenaga kerja.

"Terkiat rentannya kita sedang bicarakan, untuk kapannya ini kita sedang negosiasi. Mudah-mudahan pada kuartak pertama tahun 2018 sudah selesai," kata Airlangga.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan pendidikan vokasi merupakan prioritas pemerintah setelah pembangunan infrastruktur.

Pembangunan SDM ini bertujuan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau demand driven.

"Oleh karena itu, pendidikan vokasi jadi kunci utama untuk pertumbuhan industri nasional yang berkelanjuta," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…