Aspek Halal Jadi Perhatian Khusus di Wisata Danau Toba

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 November 2017 - 03:00 WIB

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2017 (Foto:facebook.com/kemenpar)
Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2017 (Foto:facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Medan- Kementerian Pariwisata menekankan pentingnya wisata halal di kawasan Danau Toba untuk mendukung kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke daerah itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Medan, Minggu (26/11/2017)  mengatakan aspek kehalalan tersebut telah menjadi perhatian dalam kepariwisataan di Danau Toba.

Apalagi mayoritas wisatawan mamcanegara yang sering berkunjung ke Danau Toba berasal dari Malaysia yang umumnya beragama Islam.

"Jadi, sekitar 42 persen wisatawan ke Danau Toba itu dari Malaysia," katanya.

Menurut Arief Yahya, penekanan mengenai pentingnya wisata halal di Danau Toba tersebut sudah dilakukan dan disikap Pemkab Samosir.

Ketika berkunjung ke Samosir baru-baru ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon sudah menunjukkan adanya lokasi penjualan makanan halal yang berderet untuk dapat dinikmati wisatawan.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga telah menekankan fasilitas tersebut di Bandara Silangit yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba.

Belum lama ini, di sekitar Bandara Silangit yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara sudah dibangun musholla dalam ukuran besar.

"Sudah bagus, ada musholla, ada gereja, vihara, bagus sekali. Poinnya kita harus melayani wisatawan sebaik mungkin," katanya kepada awak media.

Meski mendorong penyesuaian dalam kebutuhan wisata halal, tetapi Kemenpar tidak mendorong secara langsung, seperti untuk membuat peraturan daerah.

"Jadi, tidak langsung, tidak usah secara khusus," kata Menpar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…