Aspek Halal Jadi Perhatian Khusus di Wisata Danau Toba

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 November 2017 - 03:00 WIB

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2017 (Foto:facebook.com/kemenpar)
Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2017 (Foto:facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Medan- Kementerian Pariwisata menekankan pentingnya wisata halal di kawasan Danau Toba untuk mendukung kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke daerah itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Medan, Minggu (26/11/2017)  mengatakan aspek kehalalan tersebut telah menjadi perhatian dalam kepariwisataan di Danau Toba.

Apalagi mayoritas wisatawan mamcanegara yang sering berkunjung ke Danau Toba berasal dari Malaysia yang umumnya beragama Islam.

"Jadi, sekitar 42 persen wisatawan ke Danau Toba itu dari Malaysia," katanya.

Menurut Arief Yahya, penekanan mengenai pentingnya wisata halal di Danau Toba tersebut sudah dilakukan dan disikap Pemkab Samosir.

Ketika berkunjung ke Samosir baru-baru ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon sudah menunjukkan adanya lokasi penjualan makanan halal yang berderet untuk dapat dinikmati wisatawan.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga telah menekankan fasilitas tersebut di Bandara Silangit yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba.

Belum lama ini, di sekitar Bandara Silangit yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara sudah dibangun musholla dalam ukuran besar.

"Sudah bagus, ada musholla, ada gereja, vihara, bagus sekali. Poinnya kita harus melayani wisatawan sebaik mungkin," katanya kepada awak media.

Meski mendorong penyesuaian dalam kebutuhan wisata halal, tetapi Kemenpar tidak mendorong secara langsung, seperti untuk membuat peraturan daerah.

"Jadi, tidak langsung, tidak usah secara khusus," kata Menpar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…