Serangan di Klub Malam Istanbul Tewaskan 39 Orang

Oleh : Irvan AF | Senin, 02 Januari 2017 - 12:05 WIB

Serangan Teroris di Instanbul (YASIN AKGUL/Getty Images)
Serangan Teroris di Instanbul (YASIN AKGUL/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Istanbul - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah pengunjung Tahun Baru di sebuah klub malam yang padat di tepi perairan Bosporus Istanbul pada Ahad, membunuh sedikitnya 39 orang termasuk banyak warga negara asing, kemudian melarikan diri.

Sejumlah orang melompat ke Bosporus untuk menyelamatkan diri setelah penyerang itu mulai menembak secara acak di klub malam Reina sesudah sejam pergantian tahun. Para saksi mata mengatakan banyak pengunjung bersembunyi di bawah meja-meja ketika penyerang itu berjalan memuntahkan peluru dari sebuah senjata otomatis.

Penyerang itu mengagetkan Turki sebagai anggota NATO sementara negara itu berusaha memulihkan diri dari usaha kudeta pada Juli dan serangkaian pengeboman mematikan di kota-kota termasuk Istanbul dan ibu kota Ankara. Beberapa pihak menyalahkan IS dan lainnya diklaim oleh para militan Kurdi.

Badan-badan keamanan siaga di seluruh Eropa meneghadapi perayaan tahun baru menyusul serangan di pasar Natal di Berlin yang menewaskan 12 orang. Hanya beberapa hari lalu, sebuah pesan online dari satu kelompok pro IS menyebut serangan-serangan akan dilakukan oleh satu orang terhadap perayaan-perayaan, pertemuan-pertemuan dan klub-klub.

"Pertama kami pikir beberapa orang berkelahi satu sama lain," kata seorang wanita asal Lebanon yang hanya memberi tahu namanya Hadeel dan berada di klub itu bersama dengan suami dan seorang temannya. "Kemudian kami mendengar suara tembakan dan berlindung di bawah meja.

"Kami mendengar pria itu meneriakkan Allahu Akbar, kami bertiga mendengar bahwa ... Kami mendengar langkahnya memecahkan kaca-kaca," kata wanita itu kepada kantor berita Reuters.

"Kami berhasil kabur lewat dapur, darah berceceran di mana-mana dan orang-orang terkapar terkena tembakan." Para pejabat menyatakan seorang penyerang tapi beberapa laporan yang mengutip para saksi mata termasuk media sosial menyebutkan kemungkinan ada beberapa penyerang.

Insiden itu mengingatkan orang pada serangan oleh penyerang-penyerang di tempat pertunjukan musik Bataclan Paris pada November 2015, yang bersama dengan serangan-serangan terhadap bar-bar dan rumah-rumah makan, membunuh 130 orang.

Di antara korban yang meninggal dalam insiden di Istanbul berasal dari Arab Saudi, Maroko, Lebanon, Israel, Libya, seorang warga negara Belgia-Turki dan seorang Prancis-Tunisia, kata para pejabat. Surat kabar Arab Saudi al-Riyadh mengatakan lima di antara yang meninggal adalah warga Saudi.

Prancis menyatakan tiga di antara warga negaranya cedera.

Operasi keamanan besar-besaran dilakukan untuk melacak seorang penyerang atau sejumlah penyerang yang kabur dan mereka yang bersekongkol.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan 15 atau 16 di antara korban terbunuh di Reina adalah warga negara asing tetapi hanya 21 jasad sejauh ini telah teridentifikasi. Ia mengatakan kepada wartawan 69 orang dibawa ke rumah sakit, empat di antaranya dalam keadaan kritis.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…