Bupati Karawang Bantah Beri Izin Pabrik Semen

Oleh : Irvan AF | Senin, 02 Januari 2017 - 08:18 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id, Karawang - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana membantah telah mengeluarkan izin penambangan dan pendirian pabrik semen di kawasan Karawang Selatan untuk PT Mas Putih Belitung.

"Mana buktinya kalau kami (disebut-sebut) telah mengeluarkan izin? Jangan ada isu-isu," ujar Cellica seperti dilansir Antara, Minggu (1/1/2017).

Menyinggung soal kabar pemkab telah mengeluarkan izin pertambangan untuk pabrik semen, Cellica meminta pihak yang menyangkakan itu membuktikannya. Menurut dia, kawasan Karawang Selatan dilarang dibukan untuk penambangan karena termasuk kawasan karst.

"Kawasan Bentang Alam Karst di Pangkalan (Karawang Selatan) itu tidak boleh ditambang untuk menjaga kondisi lingkungan agar tidak rusak," katanya.

Sampai saat ini, kata Bupati, tidak ada izin atau rekomendasi yang dikeluarkan Pemkab Karawang untuk ekspolitasi kawasan karts Pangkalan untuk pabrik semen.

Terkait dengan upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan (UKL/UPL) hidup yang sudah dikeluarkan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Karawang, Bupati mengatakan bahwa itu atas arahan Pemprov Jabar untuk kepentingan penelitian.

Ketua DPRD Kabupaten Karawang Toto Suripto juga menyatakan hal sama. Dia menolak kegiatan pertambangan di Karawang Selatan karena kegiatan pertambangan di kawasan Karst Karawang Selatan bisa merusak lingkungan.

Jika kawasan karst Pangkalan itu rusak, lanjut dia, rusaklah kondisi lingkungan di Karawang. Dengan begitu, Karawang terancam bencana alam.

Sejak sekitar sebulan terakhir masyarakat dari berbagai kelompok menyatakan menolak izin tambang pabrik semen di wilayah Karawang Selatan.

Penolakan itu disampaikan karena pabrik semen, PT Mas Putih Belitung, dikabarkann telah mengajukan izin untuk melakukan kegiatan tambang di kawasan karst Pangkalan.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…