Inalum Akan Jadi Holding Tambang BUMN

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 November 2017 - 13:36 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Badan Usaha  Milik Negara (BUMN) menargetkan pembentukan holding tambang. PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) menjadi induk dari holding tambang tersebut, dengan anggotanya ialah PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk.

“Holding tambang efektif setelah tanggal 29 November 2017. Setelah akta ditandatangani bu menteri. Target hari ini atau Senin (akta ineng) di tanda tangan,” kata Direktur Utama Antam Arie Prabowo dalam keterangan persnya kepada awak media, Jumat (24/11/2017).

Ia mengatakan, holding BUMN Tambang akan di bawa ke dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) setelah Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 yang akan disertai proses administrasi termasuk akta ineng (alih saham pemerintah di Antam, Timah, Bukit Asam ke Inalum) ditandatangani oleh Menteri BUMN Rini.

Dalam kesempatan yang sama, direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Arviyan Arifin mengatakan, target holding BUMN Tambang usai dilakukan RUPSLB pada 29 November di masing-masing perusahaan, Antam, PTBA dan Timah.

"Itu agenda utama perubahan anggaran dasar Timah, Antam dan Bukit Asam. Terkait ineng pengalihan saham pemerintah dari pemerintah ke Inalum, dan satu saham dwiwarna super power tetap ada di masing-masing perusahaan," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut PT Bank BTN, Maryono bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono saat pembukaan IPEX 2018

Minggu, 23 September 2018 - 07:32 WIB

BTN Bidik Penyaluran Kredit Baru Rp 5 Triliun di IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) membidik penambahan kredit baru Rp 5 triliun dalam pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018 yang berlangsung 22 hingga 30 September 2018 di Jakarta Convention…

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.