ETHICA Industri Farmasi Resmikan Pabrik Obat Injeksi di Jababeka

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 24 November 2017 - 08:50 WIB

Indrawati Taurus, Direktur Utama ETHICA Industri Farmasi; Nila Moeloek, Mnekes Gerrit Steen, Fresenius Kabi Board Member & President Region Asia; dan Menperin Erlangga Hartarto, (FOTO: Abraham Sihombing)
Indrawati Taurus, Direktur Utama ETHICA Industri Farmasi; Nila Moeloek, Mnekes Gerrit Steen, Fresenius Kabi Board Member & President Region Asia; dan Menperin Erlangga Hartarto, (FOTO: Abraham Sihombing)

INDUSTRY.co.id - Jakarta PT ETHICA Industri Farmasi meresmikan pengoperasian pabrik obat injeksi steril yang dilengkapi dengan teknologi farmasi terkini. Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 4,3 hektar dengan investasi Rp1 triliun tersebut berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik itu nantinya akan memproduksi injeksi dalam bentuk ampul maupun vial dengan menggunakan teknologi aseptik dan sterilisasi akhir. Saat ini, terdapat 230 karyawan yang berkarya di pabrik baru tersebut.

Pabrik tersebut diresmikan oleh Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. M(K), Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, bersama Indrawati Taurus, Direktur Utama PT ETHICA Industri Farmasi dan Gerrit Steen, Fresenius Kabi Board Member & President Region Asia.

PT Ethica Industri Farmasi adalah perusahaan patungan di bidang farmasi, yaitu antara SOHO Global Health dan Fresenius Kabi AG. Sementara itu, PT SOHO Global Health adalah perusahaan lokal yang adalah induk usaha PT ETHICA Industri Farmasi. Adapun Fresenius Kabi AG adalah perusahaan Jerman di bidang kesehatan yang secara khusus memproduksi obat-obatan dan teknologi infus, transfusi dan nutrisi klinis.

Dalam sambutannya, Indrawati Taurus mengemukakan, PT ETHICA Industri Farmasi berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai upaya menyediakan produk kesehatan yang berkualitas global dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

PT ETHICA Industri Farmasi mendukung visi pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai produksi untuk produk-produk farmasi di pasar Asia dan berkontribusi terhadap perkembangan industri obat injeksi di Indonesia yang rata-rata tumbuh 11% per tahun, papar Indrawati.

Pada 2016, pabrik baru PT ETHICA Industri Farmasi telah memperoleh izin Industri Farmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pabrik tersebut sudah mulai beroperasi secara komersil sejak awal Oktober 2017. Pusat Inovasi dan Pengembangan Produk (Innovation and Development Centre) telah dibentuk untuk mengembangkan produk obat injeksi yang lebih beragam dengan berbagai formula terbaru. (Abraham Sihombing)

  •  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…