Trump Giat Jual Alutsista

Oleh : Jaya Suprana | Kamis, 23 November 2017 - 16:00 WIB

Donald Trump
Donald Trump

INDUSTRY.co.id - Sebelum menjadi presiden Amerika Serikat, Donald Trump adalah seorang pengusaha sukses. Setelah terpilih menjadi Presiden AS, ternyata semangat kebisnisan Donald Trump tetap membara. Terkesan bahwa segenap langkah kebijakan Donald Trump secara sengaja atau tidak sengaja dipertimbangkan dengan neraca rugi laba dunia bisnis.

Club Of World Leaders

Maka dalam perjalanan kepresidenan pertama ke Asia menjelang akhir tahun 2017, Presiden Trump menyempatkan diri singgah di negara adhikuasa ekonomi Jepang untuk berjumpa dan berbincang dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang disebut Trump sebagai seorang sahabat karib di Club of World Leaders. Presiden Trump menegaskan bahwa sebenarnya Jepang harus melindungi negeri sendiri dari ancaman nuklir Korea Utara dengan membeli alutsista seharga miliardan dolar dari Amerika Serikat.

Trump mengingatkan Abe terhadap realita defisit perdagangan antara Jepang-AS yang menguntungkan Jepang sambil merugikan Amerika Serikat sambil mengutarakan kekecewaan bahwa Jepang tidak menembak jatuh rudal nuklir Korut ketika melayang di angkasa di atas wilayah Jepang. "He will shoot them out of the sky when he completes the purchase of lots of additional military equipment from the United States, (Dia akan menembak jatuh rudal-rudal tersebut apabila dia membeli perlengkapan militer secukupnya dari Amerika Serikat)," demikian ungkap Trump tentang Abe di Istana Akasaka , Tokyo. "The prime minister of Japan is going to be purchasing massive amounts of military equipment, as he should." (Perdana Menteri akan membeli alutsista dalam jumlah besar sesuai seharusnya).

Salesman Sejati

Pernyataan-pernyataan Donald Trump sebagai seorang presiden AS yang sedang resmi berkunjung ke Jepang membuktikan bahwa dirinya adalah seorang salesman sejati yang gigih berjuang menempuh segala cara demi menjual produk senjata produksi Amerika Serikat ke Jepang yang memang punya banyak duwit. Andaikata saya warga AS dan kebetulan pemilik pabrik senjata maka saya pasti memilih Donald Trump sebagai presiden.

Semangat penjualan senjata oleh Presiden Trump dapat ditafsirkan ke berbagai penjuru termasuk jangan-jangan ancaman nuklir Korut sengaja diciptakan oleh Amerika Serikat untuk menakut-nakuti Jepang. Dengan begitu, Jepang mau memborong senjata sebanyak mungkin dari Amerika Serikat demi meningkatkan omset ekspor Amerika Serikat ke Jepang agar neraca defisit perdagangan Jepang-AS lebih menguntungkan AS ketimbang Jepang.

Mirip tetapi tak sama dengan jurus penjualan jasa keamanan para penjaga keamanan kepada para pedagang kaki lima dengan menciptakan kecemasan soal keamanan agar para pedagang kaki lima konsumtif membeli jasa perlindungan keamanan dari para penjaga keamanan.

Jaya Suprana: Pembelajar Geopolitik Planet Bumi Masa Kini_

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketum PAN, Zulkifli Hasan

Minggu, 27 Mei 2018 - 11:19 WIB

ICMI Hadir Sebagai Perekat Persatuan Bangsa

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dapat hadir sebagai perekat persatuan bangsa pada tahun politik menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 11:12 WIB

Pemuda Milenial Harus Terlibat dalam Pesta Demokrasi, Jangan Golput

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berharap para pemuda yang ada di Tanah Air berpartisipasi dalam politik terutama pada pemilu karena secara komposisi pemilih didominasi oleh mereka yang berusia…

Program Dakwah Nasional Ramadhan 1439 H

Minggu, 27 Mei 2018 - 11:08 WIB

Akademi Dakwah DDII Targetkan Pembentukan di Seluruh Kabupaten

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Dewak Dakwah berkomitmen melahirkan para dai untuk disebar kepelosok tanah air. Komitmen tersebut ditandai optimisme dapat mendirikan akademi dakwah di setiap kabupaten…

Koopssusgab, Komando operasi khusus gabungan (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 11:06 WIB

FPKS Harap Pemberantasan Terorisme Lebih Efaktif

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini berharap langkah pemberantasan terorisme lebih efektif pasca disetujuinya Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan UU nomor 5 tahun 2003 tentang Pemberantasan…

Prabowo Subianto bersama Rizal Ramli

Minggu, 27 Mei 2018 - 11:00 WIB

Bila Diusulkan Partai Koalisi Garindra, RR Berpeluang Damping Prabowo di 2019

Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, sosok ekonom senior Dr. Rizal Ramli (RR) bisa saja menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto jika diusulkan oleh…