Presiden Jokowi Ajak Santri Jaga Persatuan dan Persaudaraan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 November 2017 - 10:08 WIB

Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Setpres)

INDUSTRY.co.id - Lombok- Saat mengunjungi Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) di Kecamatan Suralaya, Kabupaten Lombok Timur, Presiden Joko Widodo didoakan bersama-sama agar terpilih kembali untuk periode kedua pemerintahannya.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Pondok Pesantren NW, di Lombok Timur, Kamis pagi (23/11/2017)  disambut oleh keluarga besar pengasuh pondok yakni Ketua YPPP Syaikh Zainuddin Anjani, Hj Sitti Raihanun Zainuddin dan Sekretaris YPPP Syaikh Zainuddin Anjani, KH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani.

Presiden Jokowi kemudian bersilaturahmi dengan pengasuh dan pimpinan pondok pesantren itu selama sekitar 30 menit.

Selanjutnya Presiden Jokowi menyambangi Masjid Pondok Pesantren NW yang telah dipenuhi ribuan santri dan santriwati.

Para santri yang antusias menyambutnya lalu duduk tenang saat Presiden dan pengurus serta pimpinan pondok pesantren duduk untuk berdoa bersama.

Doa dipimpin oleh Sekretaris YPPP Syaikh Zainuddin Anjani, KH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani.

Lalu Gede juga yang mendoakan agar Presiden Jokowi kembali terpilih untuk periode kedua pemerintahannya dan diaminkan oleh ribuan santri yang hadir.

Jokowi tak bereaksi apa pun saat mereka memanjatkan doa tersebut dan tetap dengan khusyuk turut serta berdoa.

Gubernur NTB TGB Zainul Majdi yang turut serta mendampingi duduk di sisi barisan kiri Presiden tampak juga mengikuti doa tersebut.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia adalah negata besar dengan penduduk 258 juta jiwa, memiliki 700 suku, dan 1.100 bahasa daerah.

"Oleh sebab itu saya mengajak mari kita semua untuk terus menjaga karena 87 persen penduduk Indonesia adalah muslim dan Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Inilah yang harus kita jaga, harus kita rawat persaudaraan kita, persatuan kita, ukhuwah wathaniyah kita harus kita rawat," katanya.

Presiden menyempatkan diri untuk berdialog dengan para santri, memberikan pertanyaan, dan menghadiahkan tiga sepeda kepada santri yang bisa menjawab pertanyaan sederhana dan melafalkan Pancasila.

Presiden sempat berjanji pula akan datang kembali ke pesantren tersebut pada Maret 2018.

Pesantren itu dirintis oleh kakek dari Gubernur NTB Zainul Majdi, namun terpecah menjadi dua kepengurusan hingga saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.