Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)
PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat antiapi meningkat benerapa tahun ini.

"Kebutuhan domestik terhadap serat antiapi meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Prospek pasarnya sangat bagus dan marginnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang lain," kata Asisten Eksekutif Presiden Direktur Asia Pacific Fibers, Prama Yudha Amdan kepada pers di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menurut Yudha, kapasitas terpasang perseroan pada produk serat dan benang filament mencapai 197.000 ton.  "Volume flame retardant fiber atau serat antiapi baru sekitar 3% hingga 5% secara keseluruhan, tapi pertumbuhan permintaan pasarnya begitu fantastis," papar dia.

Nilai pasar domestik dan ekspor bahan baku produk tekstil fungsional tersebut tumbuh sangat signifikan. Hanya saja, kapasitas produksi serat segmen jenis ini masih sangat terbatas di dalam negeri.

Sebagian besar permintaan domestik masih bergantung impor karena teknologi pabrikan domestik umumnya belum memadai. "Nilai impor produk tekstil fungsional secara keseluruhan tahun lalu mencapai US$1,2 miliar," ujar Yudha.

Perseroan memasarkan serat antiapi ke sejumlah pabrikan otomotif, maskapai penerbangan, pemegang merek fesyen, dan industri kesehatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:30 WIB

Waskita Karya Targetkan Total Kontrak Baru Rp55 Triliun

PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita Karya akan menargetkan total kontrak baru sekitar Rp55 triliun selama tahun 2019.

Band Saint Loco Formasi Baru bersama Produser Nagaswara, Rahayu Kertawiguna

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:28 WIB

Band Saint Loco Muncul Lagi Dengan Format Musik Lebih Segar

Lama menghilang Grup band Saint Loco eksis lagi. Grup band aliran hiprock itu baru saja merilis single berjudul Nakal diawal tahun 2019 ini. Grup band yang kini beranggotakan, Berry Manoch (Rapper),…

Joe Taslim Jadi Pemain Sekaligus Produser Film "Hit N Run"

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:06 WIB

Joe Taslim Produseri Sekaligus Bintangi Film Hit N Run Bergenre Aksi Komedi

Di tengah maraknya film bergenre horor dan drama, munculnya sebuah film bergenre Aksi Komedi tentu bakal menarik perhatian. Itulah yang ditawarkan oleh Screenplay Films yang bekerjasama dengan…

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…