Inilah Tips Memaksimalkan Mode Potrait di Kamera Smartphone Vivo V7

Oleh : Hariyanto | Rabu, 22 November 2017 - 16:06 WIB

Vivo V7
Vivo V7

INDUSTRY co.id -Jakarta - Dalam dunia fotografi, portrait mode adalah salah satu fungsi kamera digital yang digunakan saat memotret subjek tunggal. Saat mengambil foto dalam portrait mode, kamera akan secara otomatis menggunakan apertureyang besar untuk membantu agar latar belakang tidak fokus dengan depth-of-fieldyang sempit sehingga hanya fokus pada objek tersebut, dan menampilkan efek bokeh dibelakang objek.

Portrait mode juga menjadi salah satu fitur canggih yang ada pada Vivo V7, V-Series terbaru dari Vivo Smartphone. Dengan adanya portrait mode, pengguna bisa mengambil gambar yang tampak profesional, fokus, dan tajam. Menariknya, fitur fotografi ini sudah dapat difungsikan pada kedua kamera, baik depan maupun belakang, meskipun tidak menggunakan dual kamera, seperti yang pernah Vivo hadirkan pada V5Plus.

"Fitur portrait mode pada smartphone adalah salah satu fitur fotografi yang diminati. Dengan portrait mode bukan hanya pada kamera depan, namun juga belakang, Vivo V7 menghasilkan foto dengan efek Bokeh yang natural. Teknologi PDAF pada kamera belakang, dan aperture yang besar pada kamera depan, menjadikan Vivo V7 dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan mobile photography, dengan hasil seperti menggunakan camera DSLR" kata Irvan Alfianto, Product Manager PT Vivo Mobile Indonesia, Rabu (22/11/2017).

Mengambil Gambar Portrait Mode dengan Kamera Depan

Mengabadikan selfie dengan pengaturan fokus depth-of-field memang membuat hasil foto terlihat semakin menarik. Vivo V7 dengan resolusi kamera 24MP menghasilkan gambar yang cukup tajam untuk kemudian tersegmentasi dengan memberikan efek Bokeh pada latar belakang. Selain itu, dengan algoritma yang disempurnakan membuat fokus pada wajah tetap detail dan efek Bokeh yang halus.

Untuk hasil foto yang sempurna menggunakan portrait mode Vivo V7, langkahnya adalah sebagai berikut: 

Pastikan FunTouch OS Vivo V7 sudah di-update ke Version 1.8.6, buka aplikasi kamera kemudian aktifkan pilihan portrait mode pada bagian atas layar, sesuaikan autofokus untuk mengatur pencahayaan, fokus objek, dan melihat hasil blue pada background. Abadikan momen sempurnamu dengan kamera depan 24MP Vivo V7.
Maksimalkan hasil foto dengan fitur editing tambahan pada Vivo V7, sepertiFace Beauty, crop, dan photo effect.

Mengambil Gambar Portrait Mode dengan Kamera Belakang

Kamera belakang pada smartphone biasanya digunakan untuk keperluan mobile photography yang lebih beragam. Vivo V7 dibekali dengan kamera belakang 16MP, serta berbagai fitur lainnya seperti: profesional mode, PPT mode, dan yang terbaru, portrait mode. Saat ingin mengaktifkan portrait mode pada Vivo V7, langkah yang perlu dilakukan hampir sama dengan pada kamera depan.

Untuk menghasilkan gambar dengan efekBokeh pada background, Vivo V7 mengandalkan teknologi PDAF yang secara otomatis mengatur fokus dan kedalaman gambar. Selain itu, algoritma pada kamera belakang Vivo V7 yang memisahkan objek utama gambar dengan background, sehingga hasil foto dengan portrait modemenggunakan kamera belakang semakin berkualitas. Untuk hasil portrait modekamera belakang maksimal, pastikan ukuran objek gambar tidak terlalu kecil dan perhatikan jarak smartphone saat apakah cukup dekat dan memberikan tempat untukbackground.

Untuk pengguna yang ingin menggunakan portrait mode pada Vivo V7, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

Posisikan Vivo V7 dalam jarak yang cukup dekat dengan objek. Jika mengambil selfie, akan lebih baik jika seluruh bagian kepala dan area bahu ikut tertangkap dalam bingkai gambar. Saat menggunakan kamera belakang Vivo V7, jarak ideal kamera dan objek adalah 2 meter.

Untuk foto bersama-sama/group photo, pastikan posisi grip dalam jarak yang sama dengan kamera. Jauhkan aksesoris yang mengganggu, seperti kacamata hitam, syal, atau topi. Pastikan fokus sebelum mengambil gambar. Atur target fokus beberapa kali sebelum mengambil gambar sampai merasa objek sudah tertangkap sempurna.

Perhatikan pencahayaan agak hasil gambar tetap menampilkan objek dan latar belakang dengan jelas. Sesuaikan jarak antara objek dengan latar belakang. Semakin dalam jarak antara objek dengan latar belakang, akan semakin baik untuk menghasilkan efek Bokeh.

Layar lebih besar membantu pengguna meningkatkan komposisi gambar saat menggunakan kamera, serta melihat hasil gambar dengan lebih leluasa. Vivo V7 dengan desain minim bezel FullView Display 5.7 Inch memiliki rasio screen-to-body mencapai 83.6%. Jauh lebih lapang, tanpa membuat smartphone menjadi boros di ukuran, Vivo V7 pun cocok bagi pengguna smartphone yang mencari perangkat dengan ukuran compact saat beraktifitas, termasuk saat hunting foto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin