Ini Tantangan Industri Jasa Pengendalian Hama

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 November 2017 - 16:20 WIB

'The Federation of Asian and Oceania Pest Managers' Association (FAOPMA) Pest Summit 2017
'The Federation of Asian and Oceania Pest Managers' Association (FAOPMA) Pest Summit 2017

INDUSTRY.co.id, Chiang Mai - Para pelaku industri jasa pengendalian hama se-Asia Oseania tengah berkumpul membahas tantangan-tantangan yang dihadapi industri ini dalam gelaran The Federation of Asian and Oceania Pest Managers' Association (FAOPMA) Pest Summit 2017 di Chiang Mai, Thailand (22/11/2017).

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI), Boyke Arie Pahlevi mengatakan, industri pengendalian hama adalah industri jasa. Saat ini yang menjadi tantangan dan kebutuhan industri ini adalah lebih kepada sistem manajemen mutu, sumber daya manusia yang Kompeten dan penerapan inovasi  teknologi.

"Pengguna jasa, khususnya sektor industri yang sudah menerapkan ISO, GMP, HACCP ataupun OHSAS akan memilih perusahaan pengendalian hama yang memiliki sistem manajemen yg baik, SDM yang kompeten yang memiliki latar belakang hama pertanian, kesehatan lingkungan, sanitasi dan vektor penyakit, juga kemampuan menerapkan inovasi teknologi pengendalian hama, apalagi saat ini sudah zamannya IOT (Internet of Think), jadi kompetisi di Industri ini sudah kompetisi global," papar Boyke.

Menurutnya, dalam menghadapi kompetisi global di industri pengendalian hama memang membutuhkan modal besar, tetapi tidak benar jika untuk menjadi besar di Industri ini harus melakukan merger.

"Menjadi besar dan dapat berkompetisi global di Industri ini dapat dilakukan sendiri atau dengan modal sendiri, dapat pula dengan mencari investor, IPO atau afiliasi," kata Boyke.

Pihaknya berharap para pelaku industri pengendalian hama nasional dapat meningkatkan kompetensi dan skala kapasitasnya untuk menjawab tantangan-tantangan industri ini di masa mendatang.

Menurutnya, di Indonesia dukungan regulasi dalam industri pengendalian hama sudah cukup baik dan lengkap, implementasi regulasi di sektor swasta sudah berjalan, begitu juga di lingkungan pemerintah pusat, hanya saja implementasi di lingkungan pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan masyarakat yang masih sangat minim dan perlu ditingkatkan.

"Kesadaran masyarakat akan dampak bahaya urban pest (hama pemukiman) masih minim. Yang kami perlukan adalah promosi dan sosialisasi yang kami rasa perlu ditingkatkan," ungkap dia.

Menurutnya, dukungan pemda provinsi atau kabupaten atau kota juga masih sangat minim. Kegiatan pengendalian hama di lingkungan pemda sendiri saat ini hanya berkisar 5%, bahkan ada beberapa pemda belum menjalankan kegiatan ini dilingkungannya.

"Penanganan hama pemukiman masih memerlukan perhatian lebih jauh. Pasalnya berbagai vektor penyakit masih menjadi momok kesehatan lingkungan masyarakat, tanpa kecuali di perkotaan," kata Boyke.

Selain membahas tantangan industri pengendalian hama, (FAOPMA) Pest Summit 2017 juga fokus pada pembahasan inovasi penanganan hama pemukiman. Event ini dihadiri 1400 peserta konferensi dari 35 Negara dan 70 peserta pameran dari seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin