Indonesia Diharapkan Jadi Produsen Halal di Negeri Sendiri

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 November 2017 - 11:19 WIB

BNI Syariah. (Foto: IST)
BNI Syariah. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bank Indonesia (BI) mendorong industri untuk meningkatkan produk-produk syariah dan halal. Dorongan tersebut karena pasar indonesia market yang besar.

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Muhammad Anwar Bashori mengungkapkan, dorongan tersebut agar industri baik kuliner dan jasa peka terhadap pasar Indonesia yang begitu besar disominasi Muslim.

"Kita sudah halal sebenarnya namun masih lillahitaala, tapi tinggal kebersihan dan cara marketing untuk percaturan dunia," kata dia di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Anwar menilai, kehalalaan sebuah produk di Indonesia juga masuk ke dunia wisata. Indonesia sudah mengembangkan daerah khusus wisata syariah seperti Nusa Tenggara Barat terutama di Lombok.

"Literasi keuangan syariah baru 8% , Indonesia punya 220 juta penduduk muslim butuh fashion,travel. Idealnya bergerak sebagai big market dan suplayer. Jangan sampai produksinya dari negara lain," katanya.

Selain itu pula, Anwar mengungkapkan pulau Bali juga diperlukan wisata halal. Hal tersebut untuk menjembatani kebutuhan masyarakat Muslim yang membutuhkan makanan halal dan hotel syariah.

"Wisata dah bagus. Di Bali ada hotel halal, ini dapat membuka pasar  ekonomi syariah dan  nambah market," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:29 WIB

Penyaluran Bantuan Rumah Risha Disalurkan Lewat Pokmas Untuk Jamin Akuntabilitas

Untuk mempercepat penyaluran bantuan, Pemerintah telah menyederhanakan format pencairan dana perbaikan rumah dari sebelumnya 17 formulir menjadi 1 formulir saja.

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.

Mario Nicolas, VP Product and Business OY! Indonesia.(FotoDok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Melalui Aplikasi OY!, Kirim Uang Bisa Dilakukan dengan Mudah

OY! hadir sebagai sebuah wadah yang mempermudah kehidupan serta komunikasi sehari- hari masyarakat Indonesia. Melalui fitur Transfer Antar bank Tanpa Ongkos langsung dari dalam chat room OY!,…