Indonesia Diharapkan Jadi Produsen Halal di Negeri Sendiri

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 November 2017 - 11:19 WIB

BNI Syariah. (Foto: IST)
BNI Syariah. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Bank Indonesia (BI) mendorong industri untuk meningkatkan produk-produk syariah dan halal. Dorongan tersebut karena pasar indonesia market yang besar.

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Muhammad Anwar Bashori mengungkapkan, dorongan tersebut agar industri baik kuliner dan jasa peka terhadap pasar Indonesia yang begitu besar disominasi Muslim.

"Kita sudah halal sebenarnya namun masih lillahitaala, tapi tinggal kebersihan dan cara marketing untuk percaturan dunia," kata dia di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Anwar menilai, kehalalaan sebuah produk di Indonesia juga masuk ke dunia wisata. Indonesia sudah mengembangkan daerah khusus wisata syariah seperti Nusa Tenggara Barat terutama di Lombok.

"Literasi keuangan syariah baru 8% , Indonesia punya 220 juta penduduk muslim butuh fashion,travel. Idealnya bergerak sebagai big market dan suplayer. Jangan sampai produksinya dari negara lain," katanya.

Selain itu pula, Anwar mengungkapkan pulau Bali juga diperlukan wisata halal. Hal tersebut untuk menjembatani kebutuhan masyarakat Muslim yang membutuhkan makanan halal dan hotel syariah.

"Wisata dah bagus. Di Bali ada hotel halal, ini dapat membuka pasar  ekonomi syariah dan  nambah market," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…