PT Pegadaian Terbitkan Obligasi Rp3,5 Triliun Kuartal I-2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 November 2017 - 10:15 WIB

 PT Pegadaian (Persero)
PT Pegadaian (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pegadaian (Persero) akan menerbitkan surat utang (obligasi) senilai Rp3,5 triliun pada kuartal I 2018 untuk menambah pendanaan pengembangan bisnis perusahaan.

"Persiapan penerbitan obligasi sedang berlangsung. Tinggal melihat kondisi pasar, jika tidak ada halangan obligasi akan dicatatkan pada kuartal I 2018," kata Direktur Keuangan dan IT Pegadaian, Teguh Wahyono, di Jakarta, Selasa (21/11/2017)

Menurut Teguh, dana hasil obligasi akan digunakan untuk mengembangkan bisnis Pegadaian melalui program-program transformasi yang sedang dijalankan perusahaan.

Ia menjelaskan, pada tahun 2017 Pegadaian mencatatkan aset sekitar Rp48 triliun, sementara ekuitas sekitar Rp17 triliun.

Oleh karena itu setidaknya dibutukan dana untuk membiayai pengembangan usaha yang bersumber selain dari intenal kas, obligasi dan pinjaman perbankan.

"Penerbitan obligasi sudah mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menerbitkan obligasi hingga Rp6 triliun. Tahun lalu sudah diterbitkan sebesar Rp2,5 triliun, tahun depan (2018) sisanya sebesar Rp3,5 triliun harus dieksekusi," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2018 Pegadaian menargetkan pendapatan usaha Rp12,5 triliun, melonjak sekitar 16,82 persen dibanding prognosa pendapatan tahun 2017 yang diproyeksikan mencapai Rp10,7 triliun.

Saat yang bersamaan Pegadaian menargetkan laba bersih pada 2018 sebesar Rp2,7 triliun, melonjak 7,14 persen dari tahun 2017 yang diperkirakan mencapai Rp2,52 triliun.

Pada kurun waktu yang sama, perseroan juga berhasil menyalurkan kredit kepada masyarakat sampai dengan bulan Oktober 2017 mencapai Rp105 triliun, ditargetkan mencapai Rp142 triliun pada 2018.

Sementara itu, Direktur Utama Pegadaian, Sunarso seperti dilansir Antara mengatakan strategi utama dalam menghadapi tahun 2018 meliputi implementasi pengembangan kanal distribusi melalui agen Pegadaian, melaksanakan transformasi produk dan layanan berbasis digital.

Selanjutnya mengoptimalkan tenaga bisnis proses outsourcing untuk meningkatkan penjualan, penataan outlet, optimalisasi penyediaan gudang barang jaminan, serta membangun infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung kanal distribusi dan jasa digital.

Dalam tiga tahun terakhir jumlah nasabah Pegadaian juga terus meningkat dari 7,6 juta di 2015, melonjak 24,5 persen menjadi 9,5 juta di tahun 2017. Diproyeksikan akan menjadi 11,5 juta pada tahun 2018.

Pertumbuhan nasabah didukung oleh berbagai kelebihan serta layanan maksimal melalui jaringan yang sudah menjangkau hingga ke pelosok daerah yang menyebabkan Pegadaian semakin dikenal dan diminati masyarakat kalangan menengah bawah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…