Indonesia Siap Berperan Mediasi Konflik Afghanistan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 November 2017 - 13:45 WIB

Presiden Jokowi saat bertemu dengan High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11). (Foto: Humas/Oji)
Presiden Jokowi saat bertemu dengan High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/11). (Foto: Humas/Oji)

INDUSTRY.co.id - Bogor - Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap berperan dalam menengahi konflik-konflik yang terjadi di Afganistan supaya segera terselesaikan.

"Kita telah menerima delegasi dari Afghanistan dari High Peace Council Islamic Republic of Afghanistan diketuai oleh Yang Mulia Bapak Mohammed Khalili beserta seluruh delegasi yang kita berharap Indonesia bisa menjadi ikut berperan dalam menengahi agar konflik-konflik yang ada di Afghanistan bisa diselesaikan," kata Presiden Jokowi setelah menjamu delegasi dari Afghanistan di Restoran Grand Garden Kompleks Kebun Raya Bogor, Selasa (21/11/2017) 

Dalam pertemuan dengan Mohammed Khalili dan delegasinya, Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Khalili pada kesempatan secara khusus menyampaikan kepada Jokowi bahwa pihaknya sangat terbuka dan senang dengan niat Indonesia untuk berperan menciptakan perdamaian di negaranya.

"Bapak Khalali juga menyampaikan sangat terbuka dan senang sekali kalau Indonesia berikut bisa berperan dalam menyelesaikan konflik karena kita dianggap yang pertama Islam di Indonesia adalah Islam yang moderat," katanya.

Presiden Jokowi juga menghargai pandangan Afghanistan yang menganggap Indonesia cukup netral dan tidak memiliki kepentingan.

"Jadi antusias yang disampaikan oleh beliau saya kira akan kami sambut baik dan mereka menyampaikan segera akan menyusun jadwal secepatnya untuk nanti mengundang ulama-ulama berikutnya dari sana, dari Taliban, Afghanistan, Pakistan, kemudian juga bersama-sama dengan ulama-ulama di Indonesia untuk bersama-sama mencarikan solusi bagi saudara-saudara kita yang ada di Afghanistan," katanya.

Kepada wartawan, Presiden menjelaskan dalam pertemuan tersebut ia menyampaikan bahwa Indonesia terdiri atas 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah, serta memiliki agama yang berbeda-beda.

Afghanistan melalui Khalili kemudian menyampaikan bahwa Indonesia adalah sebuah contoh penerapan Islam yang benar.

"Dan mereka ingin 'sharing'(berbagi) dan ingin belajar banyak mengenai Islam yang moderat di Indonesia," kata Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.