Unit Usaha Syariah Sumbang Kredit Macet ke Konsolidasi Bank BJB

Oleh : Wiyanto | Selasa, 21 November 2017 - 12:00 WIB

Bank BJB
Bank BJB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Pefindo masih memberikan outlook peringkat stabil terhadap Bank BJB, baik peringkat  Bank dan obligasi. Meskipun saat ini, anak usaha, Unit Usaha Syariah (UUS) BJB tersandung masalah pada sisi kualitas pembiayaan.

Analis Pefindo, Hendro Utomo mengatakan, atas masalah kualitas pembiayaan buruk dari UUS-nya, dapat berdampak ke peringkat.

"Saya sampaikan terkait emisi obligasi dan subordinasi, seperti kami sampaikan salah satu faktor yang menirut kami membatasi peringkat yaitu Non Performing Loan (NPL) yang tinggi terutama segmen produktif dan yang dari BJB syariah. Perhitungkan kondisi anak usaha ke rating induk," kata dia di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Ia mengatakan, secara bank BJB sendiri NPL hanya 1,5%, namun jika dikonsolidasikan dengan UUS-nya, NPL tembus 2,9%. Meskipun kontribusi aset UUS ke BJB hanya 6% sampai 6,5%.

"Rating kami cakup kondisi anak usaha yang dirating. Kami lihat BJB cukup dibebani kondisi bjb syariah, secara konsokidasi NPL belum terlalu baik.Jika tidak dihitung syariah, NPL hanya 1,5%, tapi bjb syariah tinggi, jika di konsolidasikan NPL bjb capai 2,9%," katanya.

Sampai saat ini, kata dia, Pefindo memberikan peringkat idAA- untuk rencana emisi obligasi berkelanjutan 1/2017 senilai Rp3,5 triliun dan peringkat idA untuk rencana obligasi subordinasi I/2017 senilai Rp1,0 triliun. Pada saat yang sama ditetapkan peringkat idAA- untuk peringkat Bank BJB serta obligasi VII/2011 dan MTN/2016 yang masih beredar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…