Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year di Wild Digital Conference 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 November 2017 - 14:41 WIB

Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year
Kioson Raih Penghargaan The Most Distruptive Startup of The Year

INDUSTRY co.id -Jakarta - Setelah berhasil melakukan penawaran publik perdana (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia pada awal Oktober lalu, PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) berhasil meraih penghargaan “The Most Distruptive Startup Of The Year” dalam ajang konferensi internasional Wild Digital 2017 di Westin Hotel, Jakarta pada 16 November 2017. 

Penghargaan diberikan oleh Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, CEO dan Founder Bubu yang merupakan salah satu tim penilai untuk penghargaan ini. Kioson merupakan perusahaan Indonesia pertama yang meraih penghargaan dalam konferensi internasional tahunan yang digelar Cathca Group ini. Kioson berhasil memenangi penghargaan dari empat perusahaan lainnya yakni Rework, Vena, Pundi-Pundi dan Kata.ai. 

“ Hal ini menjadi motivasi kami untuk terus memegang komitmen sebagai penjembatan antara underserved market dengan layanan digital dan terus berusaha merangkul masyarakat Indonesia melalui teknologi,” ungkap Direktur Utama PT Kioson Komersial Indonesia Tbk, Jasin Halim.

Konferensi internasional Wild Digital merupakan wadah pertemuan bagi seluruh pelaku industri teknologi seluruh dunia dan tahun 2017 menjadi tahun pertama konferensi ini diselenggarakan di Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada perusahaan teknologi yang memiliki model bisnis yang inovatif dan mampu membuktikan perkembangan yang luar biasa. 

Sebelumnya, konferensi yang digelar sejak tahun 2015 ini telah diselenggarakan Catcha Group di Australia, Malaysia dan Thailand dan menganugerahi penghargaan pada perusahaan teknologi inovatif di negara-negara tersebut.

Sebagaimana dituliskan dalam website Wild Digital, para nominasi yang diundang merupakan perusahaan-perusahaan startup yang memiliki inovasi terbaru serta berani dengan pemikiran out of the box. Dari situ kemudian juga dilakukan penilaian oleh tim penilai dimana mereka juga melihat perkembangan yang berhasil dicapai oleh perusahaan dalam segi bisnis.

Kioson dapat tergolong perusahaan out of the box karena justru mengembangkan e-commerce di underserved market melalui strategi online-to-offline. Strategi ini sesuai dengan hasil survei indikator TIK 2015 dari Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia, bahwa dari total pengguna internet sebanyak 93,4 juta orang, baru sekitar 8,7 juta orang yang aktif sebagai online shopper.

 Selain itu, jumlah pengguna internet di kota-kota lapis kedua (rural area) baru mencapai 17,3%. Karenanya, pasar di kota lapis kedua justru sangat besar, walaupun tantangan edukasinya pun sangat tinggi.

“Dari 70% masyarakat kota lapis kedua, sebanyak 40%nya adalah pengguna internet dan sisanya masih terbiasa dengan pola konvensional. Tidak hanya itu, mereka juga masih mengalami masalah infrastruktur, penggunaan uang tunai, pendidikan yang kurang memadai dan rasa kepercayaan terhadap hal baru,” ucap Jasin Halim.

 “Inilah yang Kioson coba gali lebih dalam dan mencoba memperkenalkan mereka ke dunia digital dengan memanfaatkan usaha mikro melalui teknologi.” tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…