2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Oleh : Ridwan | Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)
Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Rosan menilai salah satu faktor utamanya adalah perekonomian dunia yang mulai recovery dari kelesuan dan membaiknya harga komoditas.

"Kalau perekonomian di 2018 secara over all negara di dunia itu semua meng-upgrade. Jadi saya rasa Pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik pada tahun depan," ujar Rosan di Jakarta (20/11/2017).

Untuk Indonesia, Rosan melihat pertumbuhan ekonomi akan sangat dipengaruhi oleh perdagangan dengan luar negeri. Menurutnya, harga komoditas yang membaik juga akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian. Walaupun, komoditas tidak bisa menjadi tulang punggung perekonomian Tanah Air.

Tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2017 hanya mencapai 5,06% atau secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 5,03%.

"Saya optimistis, tahun depan angka tersebut secara rata-rata akan lebih baik," terangnya.

Kadin memprediksi estimasi pertumbuhan ekonomi prediksi tak terlalu menanjak seperti asumsi pemerintah. Seperti diketahui, pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 telah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4%.

"Assesment awal yang kita lakukan di Kadin lebih ke pertumbuhan 5,2 sampai 5,3%," kata dia.

Sementara itu, untuk penyerapan investasi ada kemungkinan investor akan wait and see, mengingat 2018 merupakan tahun politik. Meski demikian, tahun politik pun tidak akan berpengaruh banyak terhadap perekonomian Indonesia sehingga masih akan stabil dan cenderung meningkat pada tahun depan.

Meski saat ini masih terjadi transisi shifting belanja online, Tapi secara keseluruhan, ia melihat perlambatan daya beli yang saat ini terjadi hanya secara temporal.

"Menurut saya, ini hanya bersifat sementara karena pada intinya pertumbuhan kita akan tetap stabil, hanya perlu sedikit push untuk berjalan seperti biasa," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…