Presiden Jokowi Diharapkan Resmikan Restorasi Rumah Gadang Minang

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 09:28 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Presiden Joko Widodo diharapkan bersedia meletakkan batu pertama rencana restorasi 40 rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Padang Aro, Senin (20/11/2017) menyebutkan daerah itu mendapat bantuan restorasi 40 rumah gadang yang berada di kawasan destinasi wisata kampung adat Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Bantuan restorasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) ini direncanakan dilaksanakan pada Desember 2017. "Tim dari Kemenpupera sudah datang ke Koto Baru. Semoga bulan Desember telah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Ia menyebutkan Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Rencananya pada Desember pak Jokowi akan berkunjung ke Sumbar, kita akan mengambil momen itu agar Presiden bisa meletakkan batu pertama rencana restorasi dan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan," ujarnya.

Rencana restorasi tersebut, imbuhnya telah disetujui oleh para ninik mamak (tokoh adat) di Nagari Koto Baru.

"Setelah kita lakukan sosialisasi, para ninik mamak menyambut baik rencana restorasi itu," ujarnya.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, namun terbatas oleh kemampuan finansial.

Bantuan dari Kemenpupera ini, imbuhnya ibarat mimpi yang menjadi nyata dari keinginan para ninik mamak tersebut.

Sementara Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi KAN dan para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap, rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya.

Sementara terkait restorasi rumah gadang yang akan dilakukan secara gotong royong itu, Jalaludin menyebutkan para ninik mamak mendukung rencana itu.

Rumah Gadang di Kampung Adat Seribu Rumah Gadang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai homestay. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat Pameran Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Foto: Kemenperin)

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:10 WIB

Menperin Dorong Warga Binaan Lapas Pasarkan Produk Lewat e-Smart IKM

Ditengah bergulirnya era industri 4.0 dan ekonomi digital, pasar online kini menjadi suatu basis penting dalam memajukan industri dalam negeri sekaligus sebagai unjuk taji produk dalam negeri…

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:00 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan berbagai upaya penghijauan di sekitar lokasi infrastruktur yang telah dibangun seperti pada bendungan, sungai, embung,…

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.