Presiden Jokowi Diharapkan Resmikan Restorasi Rumah Gadang Minang

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 09:28 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang Aro- Presiden Joko Widodo diharapkan bersedia meletakkan batu pertama rencana restorasi 40 rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Padang Aro, Senin (20/11/2017) menyebutkan daerah itu mendapat bantuan restorasi 40 rumah gadang yang berada di kawasan destinasi wisata kampung adat Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Bantuan restorasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) ini direncanakan dilaksanakan pada Desember 2017. "Tim dari Kemenpupera sudah datang ke Koto Baru. Semoga bulan Desember telah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Ia menyebutkan Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Rencananya pada Desember pak Jokowi akan berkunjung ke Sumbar, kita akan mengambil momen itu agar Presiden bisa meletakkan batu pertama rencana restorasi dan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan," ujarnya.

Rencana restorasi tersebut, imbuhnya telah disetujui oleh para ninik mamak (tokoh adat) di Nagari Koto Baru.

"Setelah kita lakukan sosialisasi, para ninik mamak menyambut baik rencana restorasi itu," ujarnya.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, namun terbatas oleh kemampuan finansial.

Bantuan dari Kemenpupera ini, imbuhnya ibarat mimpi yang menjadi nyata dari keinginan para ninik mamak tersebut.

Sementara Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi KAN dan para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap, rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya.

Sementara terkait restorasi rumah gadang yang akan dilakukan secara gotong royong itu, Jalaludin menyebutkan para ninik mamak mendukung rencana itu.

Rumah Gadang di Kampung Adat Seribu Rumah Gadang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai homestay. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…