Pemkab Dharmasraya Siapkan Kripik Tempe untuk Pebalap TdS

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 08:21 WIB

Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)
Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pulau Punjung- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyiapkan keripik tempe matahari dan salak pondok kurnia sebagai cenderamata untuk para pebalap dan official Tour de Singkarak (TdS) 2017.

"Ini bagian dari upaya pembinaan bagi pengusaha lokal kita, karena untuk penyediaan kami bekerja sama langsung dengan pelaku usaha. Diharapkan dapat mendorong semangat pelaku UKM," kata Bupati Sutan Riska di Pulau Punjung, Senin (20/11/2017)

Menurut dia ajang balap sepeda merupakan momentum untuk mempromosikan dan mengenalkan pelbagai prooduk asli daerah, karena pesertanya diikuti berbagai negara.

Selain panganan khas yang menjadi ciri khas Dharmasraya, tambahnya dalam paket cenderamata Pemkab Dharmasraya juga menyediakan selendang batik tanah liek.

"Cenderamata ini didesain berbentuk 'scraft' atau selendang yang akan dikalungkan kepada para pebalap dan official TdS," ujarnya seperti dilansir Antara.

Menurut dia cenderamata batik tanah liek sengaja dipilih karena memiliki ciri khas tersediri, baik dari segi motif maupun daerah yang memproduksi hanya ada di Dharmasraya, Pesisir Selatan, dan Tanah Datar.

Sebelumnya Pebalap peserta kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2017 di etape ketiga menghadapi rute terpanjang dari Muaro Sijunjung menuju Dharmasraya, Senin dengan jarak tempuh 161,3 km dan diperkirakan persaingan bakal lebih ketat.

Mereka yang spesialisasi sprint dipastikan bakal menunjukkan kekuatannya untuk menjadi yang terbaik. Namun, pada TdS edisi kesembilan ini banyak pebalap yang memiliki kemampuan lengkap/ komplet yaitu bagus di sprint dan tanjakan yang diantaranya Daniel Whitehouse dari CCN.

Etape ini juga menjadi peluang bagi pebalap Indonesia untuk unjuk gigi mengingat mulai muncul pebalap potensial. Sebut saja Jamal Hibatulloh dari KFC Cycling Team, Aiman Cahyadi dari Sapura Pro Cycling Team hingga Abdul Soleh dari BRCC.

"Saya dan tim akan menjalankan instruksi pelatih saja. Jika ada peluang, kita ambil," kata Jamal Hibatulloh yang saat ini menjadi pebalap Indonesia terbaik (red white jersey) hingga etape kedua.

Balapan yang dimulai dari Gedung Pancasila Sijunjung ini diikuti 90 dari 108 pebalap yang terdaftar. Sudah ada 18 pebalap yang terhenti karena tidak mampu melanjutkan balapan. Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan termasuk beratnya rute yang dihadapi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…