2017 Pemerintah Targetkan 376 Sertifikat ISPO

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 November 2017 - 06:57 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pemerintah menargetkan bisa menerbitkan Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO tahun 2017 sebanyak 376 dari 306 sertifikat yang sudah diterbitkan dewasa ini.

"ISPO merupakan kewajiban agar tujuan membuat sawit Indonesia berkelanjutan tercapai," ujar Direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun), Bambang di Medan, Minggu (19/11/2017)

Bambang berada di Medan menghadiri acara peringatan Hari Sawit Indonesia 18 November dan Deklarasi Dewan Sawit Indonesia (DSI) dari sebelumnya bernama Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI).

Menurut dia, dengan semua perusahaan dan petani mengantongi ISPO maka diharapkan tekanan terhadap sawit Indonesia bisa terus berkurang bahkan tidak ada lagi.

Dengan langkah untuk mendapatkan ISPO, maka diharapkan tidak ada lagi celah bagi negara asing khususnya Eropa untuk menyudutkan sawit Indonesia.

"Kalaupun ada RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), ISPO adalah kewajiban," katanya.

Dia mengakui, khususnya petani sulit memenuhi ketentuan ISPO sehingga peran perusahaan juga sangat besar untuk membantu.

Apalagi, kata dia, areal lahan sawit petani juga cukup besar atau 4,7 juta hektare dari total lahan sawit Indonesia yang seluas 11, 9 juta hektare.

"Jumlah penerima ISPO yang sebanyak 306 itu masih sangat sedikit dibandingkan dengan luasan sawit secara nasional yang 1,88 juta hektare," katanya seperti dilansir Antara.

Produksi crude palm oil (CPO) yang sudah mendapat ISPO yang sebanyak 8,15 juta ton itu juga sangat kecil dari total produksi Indonesia yang sebanyak 33, 2 juta ton.

"Jadi penerima ISPO harus terus ditingkatkan apalagi memang sudah menjadi kewajiban," katanya.

Ketua DMSI, Derom Bangun menyebutkan, pekerjaan rumah Indonesia untuk membuat sawit diterima asing memang masih banyak.

Oleh karena itu, ujar Derom, adanya peringatan Hari Sawit Indonesia bisa membuat semua secara bersama-sama membicarakan nasib sawit ke depannya untuk bisa lebih baik.

Perubahan DMSI menjadi DSI juga bertujuan untuk semakin memperluas tugas untuk memperbaiki sawit Indonesia ke depannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…