Penumpang KRL akan disubsidi Rp.1,34 triliun

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Januari 2017 - 14:33 WIB

Ilustrasi penumpang Commuter Line Jabotabek. (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi penumpang Commuter Line Jabotabek. (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Angkutan kereta pada tahun 2017 bakal peroleh subsidi atau Public Service Obligation (PSO) Rp 2,09 triliun.

Anggaran itu sebagian besar disalurkan untuk subsidi tiket penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) yakni Rp 1,34 triliun.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Prasetyo Boeditjahjono, menjelaskan alokasi besar untuk KRL dilakukan lantaran pemerintah lebih fokus mensubsidi untuk moda transportasi harian, dalam hal ini mobilitas komuter di keluar masuk Jabodetabek.

"Ada perubahan komposisi untuk (subsidi) kereta jarak jauh dan antar kota yang dulu 35%, sekarang jadi 15%. Jadi komposisi kereta perkotaan naik dari 65% menjadi 85%. Karena ini kan dipakai setiap hari, terutama Jabodetabek," jelas Prasetyo, Sabtu (31/12/2016).

Selain KRL, kereta perkotaan lainnya yakni Kereta Rel Diesel (KRD) Rp 94,79 miliar, dan KA Jarak Dekat Rp 379,89 miliar.

Untuk kereta antar kota sendiri tahun 2017 mendapatkan subsidi PSO sebesar Rp 270,7 miliar yang terbagi untuk KA Jarak Jauh Rp 135,85 miliar, KA Jarak Sedang Rp 130,29 miliar, dan KA Lebaran Rp 4,55 miliar.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…