Kader Golkar DIY Harapkan Setya Novanto Kooperatif

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 02:45 WIB

Ketua DPR Setya Novanto dalam Rapat Pleno DPP Golkar Selasa (18/7/2017) (Foto Ist)
Ketua DPR Setya Novanto dalam Rapat Pleno DPP Golkar Selasa (18/7/2017) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bantul- Kader Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi bersikap kooperatif.

"Kami mohon Pak Setnov (Setya Novanto) juga sadar (kasus hukumnya) akan kooperatif," kata kader Golkar DIY yang juga Koordinator Tri Karya Gandung Pardiman dalam konferensi pers di Gandung Pardiman Center Imogiri, Bantul, Minggu (19/11/2017)

Gandung yang juga Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DIY ini mengatakan, Tri Karya merupakan gabungan tiga organisasi sayap Partai Golkar, yakni Soksi, Kosgoro, dan MKGR.

Menurut Gandung, setelah Ketua Umum Partai Golkar Setnov ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi e-KTP oleh KPK, kader-kader partai Golkar terus berkomunikasi untuk menyikapi hal itu, karena diakui kasus itu ibarat 'badai' yang luar biasa.

"Dari teman-teman setelah kami bincang-bincang bagaimana KPK juga harus profesional, kemudian kalau memang itu ada kesalahan (terhadap Setya Novanto) ya silakan (diproses) sesuai hukum," kata Gandung.

Ia mengatakan, sedangkan kalau tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti yang disangkakan KPK, segera dilepas.

"Supaya jangan ada dusta di antara sesama alat kelangkapan negara ini. Dan kami juga mengimbau penasihat hukum Pak Setnov profesional betul dalam fungsi dan tugasnya," katanya.

Di sisi lain, Gandung berharap semua kader Partai Golkar di seluruh DPD tingkat provinsi fokus untuk menyelamatkan partai, dengan mengadakan Munaslub dan mendesak Novanto untuk turun dari jabatannya sebagai Ketua Umum.

"Teman-teman di daerah itu harus bergerak nyata, jangan sampai DPD tingkat I di seluruh Indonesia dininabobokkan seperti yang sudah-sudah. Pak Setnov harus legowo," katanya ketika ditanya apakah kader Golkar minta Setnov mundur.

Gandung mengatakan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Partai Golkar berada di tingkat paling bawah saat ini sehingga perlu ada perubahan dan tindakan nyata untuk menyelamatkan marwah partai.

"Ini penting dan saya pikir arus bawah dari para kader individual sudah menghendaki perubahan dan penyelamatan partai. Jadi saya sangat bangga dengan 21 DPD Partai Golkar yang setuju Munaslub segera diadakan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…