Desas Desus Mobil Menabrak Tiang

Oleh : Jaya Suprana | Minggu, 19 November 2017 - 06:30 WIB

Mobil yang ditumpangi Setya Novanto menabrak tiang listrik (foto Kompas.com)
Mobil yang ditumpangi Setya Novanto menabrak tiang listrik (foto Kompas.com)

INDUSTRY.co.id -  Jakarta, 17 NOVEMBER 2017, MSN.com memberitakan bahwa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menetapkan tersangka kepada Hilman Mattauch yang diketahui berstatus kontributor Metro TV.

Dia diduga lalai mengemudikan mobil hingga menyebabkan kecelakaan yang dialami Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov).  Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi Metro TV, angkat bicara menanggapi banyaknya pemberitaan atau informasi yang beredar atas kasus ini.

Eksklusif

Menurutnya, keterlibatan Hilman dalam kecelakaan tunggal yang menimpa Setnov berlatar belakang penayangan Wawancara Eksklusif.  Pada hari Kamis, 16 November 2017, News Gathering/peliputan Metro TV mengeluarkan penugasan kepada beberapa tim reporter/kontributor untuk menemukan dan berupaya keras untuk mendapatkan wawancara/peliputan eksklusif bersama Setya Novanto yang tidak diketahui keberadaannya sejak ada upaya Penahanan oleh KPK pada hari Rabu, 15 November 2017 atau membawanya ke Studio Metro TV untuk sebuah wawancara eksklusif.

Setelah melalui berbagai upaya untuk mencari tahu keberadaan Setya Novanto, pada Kamis, tanggal 16 November 2017 sore, Hilman Mattauch yang berstatus sebagai kontributor Metro TV, melapor kepada Koordinator Liputan bahwa ia telah menghubungi Setya Novanto dan menyampaikan bahwa Setya Novanto merencanakan untuk memenuhi panggilan KPK pada malam harinya. Selanjutnya, setelah melalui upaya negosiasi Hilman mendapatkan wawancara eksklusif bersama Setya Novanto melalui sambungan telpon yang ditayangkan pada program Primetime News Metro TV.

Pusing

Wartakotalive.com memberitakan bahwa Satlantas Polrestro Jakarta Selatan dibuat pusing dengan kabar kecelakaan Ketua DPR RI Setya Novanto yang sangat tiba-tiba itu. Sampai pukul 20.30, polisi masih mencari tahu di mana tepatnya mobil Toyota Fortuner hitam yang ditumpangi Setya Novanto menabrak.

"Masih simpang siur. Ada yang bilang dekat Pos Pengumben, ada yang bilang di Permata Hijau. Macam-macam," kata Kasat Lantas Polrestro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Edy Surasa.

Dari rekaman video yang diterima Warta Kota, terlihat Fortuner hitam bernomor B 1172 ZLO menabrak sebuah tiang yang berada di trotoar jalan. Dari video tersebut, terlihat juga bahwa mobil tersebut bukan mengalami kecelakaan di jalan protokol atau jalan utama, karena lalu lintasnya cenderung sepi. Sekilas, mobil yang ditumpangi pria yang sedang jadi buruan KPK itu seperti mengalami kecelakaan di dalam kompleks perumahan.  

Setya Novanto dikabarkan tidak sadarkan diri usai peristiwa tersebut dan menjalani perawatan di RS Medika Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.  Padahal, sebelumnya berhembus kabar bahwa Setya Novanto akan menyerahkan diri ke KPK setelah menghilang dari rumahnya saat dijemput paksa di kediamannya di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).

Medsos

Desas-desus yang beredar di medsos lebih fantastis dan simpang siur maka makin membingungkan.  Namanya juga desas-desus apalagi di dunia maya maka memang menarik tetapi tidak bisa dipercaya alias hoax atau lelucon tidak lucu bahkan fitnah.

Ada yang bilang bahwa Setya Novanto bersembunyi di rumah seorang wartawan di mana rumah tersebut adalah hadiah dari Setya Novanto.

Ada yang nuduh mobil yang dikendarai Setya Novanto adalah mobil bekas yang khusus dibeli untuk ditabrakkan ke tiang listrik. Bahkan ada yang fitnah bahwa tiang yang ditabrak adalah tiang listrik maka direktur PLN Jakarta telah ditangkap polisi atas tuduhan menegakkan tiang listrik di lokasi yang berbahaya sehingga ditabrak mobil yang ditumpangi Setya Novanto sehingga, menurut pengacara Setnov: "Wajah Setnov bengkak seperti bakpao".

Memang tidak dijelaskan mengenai pasal hukum apa yang digunakan polisi sebagai alasan untuk menangkap Direktur PLN Jakarta. Mungkin sengaja tidak dijelaskan agar pergunjingan menjadi polemik maka menjadi makin menarik sehingga lebih menarik ketimbang pergunjingan mengenai walk out terhadap Anies Baswedan di Kolese Kanisius.

_Penulis adalah pembelajar desas-desus_

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…