Kota Baru Citra Maja Raya Akan Dihuni 1,2 Juta Jiwa

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 19 November 2017 - 05:43 WIB

Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)
Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Banten - Ciputra group merilis proyek terbarunya, Citra Maja Raya menjadi salah satu proyek terbesar Ciputra group di kota baru Maja, Lebak- Banten ini diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017).

Proyek Citra Maja Raya yang merupakan proyek joint operation antara PT Ciputra Residence, PT Hanson Internasional Tbk dan PT Putra Kasih Laksana dimulai pembangunnya sejak 2015 dan telah menunjukan progress yang signifikan hingga saat ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Citra Maja merupakan satu dari 10 proyek kota mandiri yang akan dikembangkan pemerintah. Kawasan permukiman yang dibangun sejak 2015 itu diperkirakan akan menampung hingga 1,2 juta jiwa saat sudah rampung. “Jadi bukan Citra Maja Raya saja, tapi kota Maja di sebelah barat Jakarta ini untuk menahan urbanisasi supaya orang tidak perlu ke Jakarta,” ujar Basuki.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan untuk mendukung konsep TOD, Kementerian Perhubungan berencana mengembangkan akses transportasi menuju lokasi, seperti Stasiun Maja yang saat ini dilewati KRL, ada juga pembangunan jal tol Serpong-Balaraja yang akan dikembangkan oleh swasta.

“Saya apresiasi pembangunan di Maja ini sebagai kolaborasi swasta dan pemerintah. Dekat-dekatlah dengan kami untuk perencanaan. Presiden selalu sampaikan kita harus bekerja dengan swasta,” ujar dia

Ciputra Group yang dikenal sebagai tokoh properti, Ciputra, menjelaskan bahwa pihaknya membangun 10 ribu unit rumah dalam proyek Citra Maja Raya. Jumlah itu sudah mengakomodasi 8.000 unit khusus hunian MBR, ditambah 1.000 unit rumah subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Menurut Ciputra, kota terpadu ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk masyarakat, dari sport club, water park, outlet retail, shuttle bus, subterminal, ruang terbuka hijau, hingga fasilitas kesehatan. "Ini sejalan dengan program pemerintah,“ katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…