RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)
Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah sakit sekitar Jakarta.

Direktur Utama RSCM Czeresna Heriawan Soejono dalam konferensi pers di RSCM Kirana Jakarta, Jumat (17/11/2017) mengatakan layanan bernama Jak-ROP atau Program Mobile Retinopatri Prematuritas Jakarta tersebut akan mengunjungi RSUD Pasar Rebo, RSUD Koja, RSUD Tarakan, dan RSUD Budi Asih untuk pemeriksaan kelainan mata pada bayi prematur yang bisa menyebabkan kebutaan.

Pakar kesehatan mata anak dari RSCM Profesor dr Rita Sita Sitorus, Sp.M (K), Ph.D mengatakan latar belakang diadakannya program pemeriksaan Retinopati Prematuritas (ROP) secara berpindah-pindah dikarenakan banyaknya kasus ROP stadium lanjut yang dirujuk ke RSCM dari sejumlah rumah sakit di wilayah penyangga Jakarta.

Padahal, bayi prematur dengan ROP harus ditangani dengan cepat sebelum melebihi waktu 42 hari pascakelahiran prematur. Jika telah melewati waktu tersebut, kata Rita, hampir dipastikan penanganan akan sia-sia dan berlanjut pada kebutaan.

Dengan adanya Jak-ROP, kata Rita, diharapkan bisa mencegah terjadinya kasus ROP pada bayi prematur yang mengarah ke stadium lanjut dan bisa menyebabkan kebutaan.

Program jemput bola tersebut nantinya secara rutin akan mengunjungi rumah sakit sekitar Jakarta untuk pemeriksaan ROP berikut dengan tim dokter dan alat skrining yang baru ada di RSCM setiap satu minggu sekali.

Dokter spesialis anak dan pakar bayi prematur dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia Dr dr Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K) mengungkapkan pasien ROP yang murni dari RSCM sangat sedikit, yakni dua orang dalam sepuluh tahun terakhir dengan stadium awal yang masih bisa sembuh dengan sendirinya. (Ant)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…