BAZNAS Ajak Mahasiswa UI Dorong SDGs

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 November 2017 - 14:47 WIB

BAZNAS Ajak Mahasiswa UI Dorong SDGs
BAZNAS Ajak Mahasiswa UI Dorong SDGs

INDUSTRY co.id -Depok - Muslim di seluruh dunia turut membangun peradaban manusia dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals  (SDGs) melalui dana zakat. Kesadaran berzakat yang cukup tinggi membuat potensinya untuk menyukseskan SDGs sangat besar.

Tema ini menjadi pembahasan dalam Seminar Zakat on SDGs “Peranan Zakat untuk Mewujudkan SDGs” yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Kamis (16/11/2017).

Hadir lima pembicara dalam acara tersebut, yaitu Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta, Direktur Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS, Irfan Syauqi Beik, PhD. Selain itu  Manajer Pilar Sosial Sekretariat Nasional SDGs Bappenas, Arum Atmawikarta, Technical Advisor for Innovative Financing UNDP,  M. Ikhsan Modjo dan Direktur Eksekutif Perhimpunan Filantropi Indonesia, Hamid Abidin.

Arifin Purwakananta mengatakan zakat tidak saja akan berperan dalam pendanaan berbagai program pencapaian SDGs, pada saat yang sama zakat akan ditantang dalam memberi gagasan bagi upaya perbaikan kehidupan Dunia.

Tahun ini, zakat di seluruh Indonesia yang dikumpulkan oleh BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) mencapai sekitar Rp5 triliun. Dana sebesar itu telah diwujudkan dalam berbagai program Pemberdayaan untuk mustahik melalui pendekatan kebutuhan dan potensi masyarakat penerima manfaat.


Dari 17 poin SDGs, secara garis besar Gerakan zakat berfokus pada 11 isu, antara lain pemberantasan kemiskinan, menghapusan kelaparan, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan.

Arum Atmawikarta mengatakan selain zakat, ada ritual keagamaan yang bisa berperan dalam pencapaian SDGs, yaitu wakaf dan sedekah.

Ketiganya berperan dalam program perlindungan sosial dan pengurangan kemiskinan. 

Tujuan yang disasar adalah mewujudkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. 

Namun lebih jauh dari itu,  lembaga zakat melalui program-programnya  bisa berkontribusi pada tujuan yang lain seperti menghapus kemiskinan dan kelaparan. 

Kemudian kesehatan dan kehidupan yang lebih baik, kesetaraan gender, inklusi keuangan serta mewujudkan perdamaian dan institusi yang kuat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…