Pendapatan Lenovo Tumbuh di Kuartal Kedua Tahun Fiskal 2017/ 2018

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 November 2017 - 14:01 WIB

acara Lenovo Citizen of Tomorrow
acara Lenovo Citizen of Tomorrow

INDUSTRY co.id -Jakarta - Lenovo Group raih pendapatan dikuartal kedua sebesar US$11,8 miliar, meningkat 5% dari tahun ketahun dan mengalami kenaikan 18% dari kuartal fiskal pertama.

Keuntungan pendapatan  dari kuartal ke kuartal dicapai ketiga bisnis utama lenovo yaitu data center, mobile dan PC & smart device, yang menunjukan bahwa penerapa  strategi tiga gelombang (3-Wave Strategy) dari Lenovo yang kuat berhasil membuahkan peningkatan yang konsisten diseluruh portofolio. Pada kuartal kedua, pendapatan sebelum pajak Lenovo tumbuh sebesar US$104 juta, melambung secara signifikan dari kerugian di kuartal sebelumnya.

Menyusul peluncuran portofolio paling komrehensif dalam sejarah, Lenovo Data Center Group (DCC), didukung oleh struktur saluran yang dikembangkan dan mencatat kenaikan pendapatan dari tahun ketahun diluar Cina terutama di Eropa dan Amerika Utara untuk kuartal kedua secara berturut-turut. 

Dengan ponsel Moto baru, Lenovo Mobile Business Group (BMG) juga melihat peningkatan pendapatan selama setahun, dengan pengiriman yang kuat di Eropa Barat, Amerika Utara, dan Amerika Latin serta menghasilkan pertumbuhan pendapatan keseluruhan untuk kuartal tiga berturut-turut.

PC/Smart Device Group (PCSD) Lenovo, yang tetap menguntungkan disemua wilayah geografis, mencatat pangsa pasar 21,3% dengan rekor tinggi diwilayah Eropa/ Timur Tengah dan Afrika meluncurkan edisi Star Wars: Jedi Challenges, sebuah kerjasama produk AR baru dengan Disney serta merayakan ulangtahun ke-25 ThinkPad yang ikonik pada akhir kuartal ini.

Selain itu, Lenovo juga telah melakukan joint venture dengan Fujitsu, dimana kedua perusahaan akan menggabungkan sumber daya serta memanfaatkan kemampuan Fujitsu dalam penjualan global, dukungan pelanggan, litbang dan manufaktur, bersamaan dengan skala global dan kehadiran yang lenovo miliki. Joint Venture ini akan memperkuat kepemimpinan PC Lenovo diseluruh dunia, dan membantu mendukung pertumbuhan yang menguntungkan.

"Pada kuartal terakhir, kami terus membuat kemajuan dalam mengubah bisnis kami dengan menjalankan 3-wave strategy. Kami mempertahankan profitabilitas terdepan di industri dalam bisnis PC dan melampaui pasar dari tahun ketahun." kata Chairman dan CEO Lenovo, Yang Yuanqing.

Ia menambahkan, dibisnis Data Center, transformasi mulai terjadi berkat tenaga penjualan yang semakin kuat, struktur dan program saluran yang baru dan daya saing produk baru. "Perputaran bisnis mobile kami juga masih dalam proses dan sebagian besar pasar kami melihat pertumbuhan yang kuat,"  tambahnya.

Kombinasi antara eksekusi yang kuat dan pondasi yang kokoh, menurut Yang, tetap menjadi kekuatan pada Lenovo. "Perputaran bisnis kita di Brasil adalah contoh yang baik. Kami akan terus berinvestasi dalam membangun pondasi dan kompetensi inti untuk dua mesin pertumnuhan baru, yang akan membawa keuntungan yang stabil dan berkelanjutan," katanya.

Laba kotor perusahaan meningkat 0,3% dari tahun ketahun menjadi US$1,6 miliar, yang mengalami kenaikan 18,2% dari kuartal ke kuartal. Margin kotor meningkat sebesar 13,7%, laba usaha meningkat sebesar US$94 juta dari kuartal ke kuartal. Laba persaham dasar adalah 1,26 sen AS atau 9,85 sen HK. Dewan Direksi Lenovo mengumumkan Dividen sementara sebesar 6,0 sen Dolar persaham.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…