Sinergi BUMN dan Swasta Picu Iklim Investasi Yang Positif

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 November 2017 - 10:46 WIB

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)
Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, sinergi antara BUMN dan swasta dapat berbuah positif bagi perekonomian nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeskani mengungkapkan, sinergi yang terjadi justru bisa memacu iklim kompetisi yang positif antara Swasta dan BUMN sekaligus saling melengkapi kelemahan internal masing-masing organisasi.

"Kita meyakini bahwa sinergi BUMN-Swasta tidak akan mengendorkan dan mematikan iklim kompetisi antara kedua pihak. Persaingan yang dilakukan secara positif akan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat," ujar Rosan di Jakarta (17/11/2017).

Rosan mencontohkan pembangunan infrastruktur yang membutuhkan anggaran dan sumber daya yang besar. Dalam konteks seperti inilah, sinergi BUMN dan swasta dibutuhkan. Keduanya dapat saling menopang dalam hal anggaran maupun sumber daya produktif.

Ketum Kadin juga mengangkat sinergitas tersebut dalam konteks yang lebih luas. Prediksi lembaga-lembaga dunia terkait perkembangan ekonomi negara-negara dunia menempatkan Indonesia sebagai salah satu calon raksasa ekonomi dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan Survey PwC menempatkan Indonesia pada posisi empat besar negara dengan ekonomi terbesar di tahun 2050.

"Proyeksi ini akan menjadi kenyataan bila swasta dan BUMN sebagai penggerak ekonomi domestik mampu bersinergi untuk mendorong pertumbuhan," kata Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…