Sinergi BUMN dan Swasta Picu Iklim Investasi Yang Positif

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 November 2017 - 10:46 WIB

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)
Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, sinergi antara BUMN dan swasta dapat berbuah positif bagi perekonomian nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeskani mengungkapkan, sinergi yang terjadi justru bisa memacu iklim kompetisi yang positif antara Swasta dan BUMN sekaligus saling melengkapi kelemahan internal masing-masing organisasi.

"Kita meyakini bahwa sinergi BUMN-Swasta tidak akan mengendorkan dan mematikan iklim kompetisi antara kedua pihak. Persaingan yang dilakukan secara positif akan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat," ujar Rosan di Jakarta (17/11/2017).

Rosan mencontohkan pembangunan infrastruktur yang membutuhkan anggaran dan sumber daya yang besar. Dalam konteks seperti inilah, sinergi BUMN dan swasta dibutuhkan. Keduanya dapat saling menopang dalam hal anggaran maupun sumber daya produktif.

Ketum Kadin juga mengangkat sinergitas tersebut dalam konteks yang lebih luas. Prediksi lembaga-lembaga dunia terkait perkembangan ekonomi negara-negara dunia menempatkan Indonesia sebagai salah satu calon raksasa ekonomi dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan Survey PwC menempatkan Indonesia pada posisi empat besar negara dengan ekonomi terbesar di tahun 2050.

"Proyeksi ini akan menjadi kenyataan bila swasta dan BUMN sebagai penggerak ekonomi domestik mampu bersinergi untuk mendorong pertumbuhan," kata Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Raih Penghargaan di Alpha Southeast Asia Award 2018

Rabu, 19 September 2018 - 10:00 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan di Alpha Southeast Asia Award 2018

BNI Syariah meraih penghargaan sebagai The Best Islamic Finance Commercial Bank in Indonesia tahun 2018 di wilayah Asia Tenggara dalam acara 12th Annual Best Financial Institution Awards & 8th…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 19 September 2018 - 09:42 WIB

PANI-DIGI Resmi Diperdagangkan di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana dua perusahaan yakni PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) dan PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) Direktur Penilaian Perusahaan…

Salyadi Saputra, Direktur Utama Pefindo (Kompas.com)

Rabu, 19 September 2018 - 09:39 WIB

Pefindo Perkirakan Penerbitan Obligasi Capai Rp140 Triliun

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan penerbitan obligasi pada 2018 mencapai Rp140 triliun atau turun 13,04 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp161,36 triliun.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 September 2018 - 09:10 WIB

Banggar DPR Setujui Asumsi Kurs Rp14.500

Rapat Panitia Kerja Badan Anggaran DPR RI menyetujui asumsi nilai tukar dalam RAPBN 2019 sebesar Rp14.500 per dolar AS, atau lebih tinggi dari asumsi awal yang disepakati dalam Komisi XI sebesar…

PT. Bank Negara Indonesia (BNI)

Rabu, 19 September 2018 - 09:06 WIB

BNI Pertahankan Keunggulan Layanan Trade Finance

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kedelapan kalinya sejak 2010 kembali menerima pengakuan sebagai bank yang memiliki layanan "trade finance" terbaik, hingga dinobatkan sebagai "The…