Investor Korea Tertarik Tanamkan Modal di KEK Palu

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 November 2017 - 08:59 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - London - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dengan lokasi strategis sebagai penghubung kawasan Asia Timur dengan Australia serta kemudahan fasilitas baik fiskal maupun non fiskal diharapkan dapat menarik investor Korea Selatan (Korsel) untuk menanamkan modalnya.

Hal tersebut juga ditawarkan kepada 60 investor Korea Selatan dalam acara Central Sulawesi Investment Business Forum (CSIBJ) 2017 yang dibuka Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi di Seoul, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Seoul, Purno Widodo kepada Antara London,  Rabu (15/11/2017)

Dubes Umar Hadi mengatakan pengembangan infrastruktur kawasan merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Indonesia saat ini. Investor Korsel diharapkan dapat mengambil peran dengan memanfaatkan momentum kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan menyebutkan KEK Palu merupakan KEK pertama yang diresmikan Pemerintah pada 27 September 2017 dari total 11 KEK yang sedang dibangun di Indonesia.

"KEK Palu diharapkan dapat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat tercapai," ujarnya seperti diansir Antara.

Saat ini pulau Jawa masih menjadi destinasi favorit bagi investor Korea Selatan. Dari total realisasi investasi Korea Selatan di Indonesia selama periode 2014 hingga triwulan III 2017 tercatat sebanyak 57 persen atau senilai 4,8 miliar AS modal investor Korsel ditanamkan di Pulau Jawa.

Sedangkan bagian timur Indonesia hanya mendapatkan kurang dari 10 persen dari total investasi mereka.

Beberapa sektor yang ditawarkan diantaranya bidang industri pengolahan hasil perkebunan dan pertanian, industri galangan kapal, industri hilir logam dan infrastruktur pendukung (pelabuhan, energi, water supply dan waste treatment).

"Berbagai sektor tersebut selama ini memang diminati oleh investor Korsel," katanya.

CSIBJ 2017 diadakan PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) dan PT STM Tunggal Jaya berkerjasama dengan kantor Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) dengan didukung penuh oleh KBRI Seoul.

Acara ini juga menampilkan pembicara dari Deloitte Indonesia, Bernardus Djonoputro, konsultan yang ditunjuk pengelola KEK Palu, PT Bangun Palu Sulawesi Tengah guna mendorong percepatan realisasi KEK.

Acara diakhiri dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MOU) antara PT STM Tunggal Jaya selaku mitra PT BPST dalam mengembangkan KEK Palu dengan Keumseong Global Star (KGS) yang turut disaksikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Walikota Palu dan Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM.

MOU tersebut menandakan dimulainya kerja sama dalam mempromosikan peluang investasi yang dimiliki oleh KEK Palu kepada investor Korea Selatan yang menjadi mitra KGS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…