BI: Kredit Hanya Tumbuh Delapan Persen 2017

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Gubernur BI Agus Martowardojo
Gubernur BI Agus Martowardojo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan sepanjang 2017 akan sebesar delapan persen atau di perkiraan bawah rentang target Bank Sentral yang sebesar 8-10 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo dalam jumpa pers triwulanan di Jakarta, Kamis (16/11/2917) , mengatakan Bank Sentral menurunkan perkiraan pertumbuhan kredit dari perkiraan semula, karena hingga November 2017 permintaan kredit masih lemah dan sikap bank yang masih khawatir dengan potensi pembengkakan Rasio Kredit Bermasalah (Non-Performing Loan/NPL).

"Kredit tumbuh lebih rendah dari perkiraan semula yaitu menjadi sekitar delapan persen," ujarnya Permintaan kredit, menurut Agus, masih lemah karena nasabah, terutama nasabah korporasi masih menyelesaikan konsolidasi sehingga berhati-hati dalam mengajukan pembiayaan ke bank.

"Korporasi mau meyakini bahwa neraca mereka sudah sehat, rugi laba sudah lebih sehat dan sekarang ini mereka belum ajukan permintaan," ujarnya.

Sementara, suplai kredit dari bank juga masih tersendat karena perbankan itu masih "was-was" dengan potensi peningkatan NPL. NPL memang membaik ke level 2,9 persen jika merujuk data Septemver 2017. Namun perbankan tetap harus berhati-hati karena beberapa sektor kredit belum membaik, misalnya pertambangan.

"Kami lihat faktor permintaan dan penawaran berdampak ke pertumbuhan kredit yang masih lemah," ujarnya.

Hingga bulan September 2017 ini, Bank Sentral memandang stasibilitas perbankan, dan umumnya sistem keuangan, tetap terjaga, dengan indikasi rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) sebsar 23 persen dan rasio likuiditas (AL/DPK) pada level 22,6 persen di September 2017.

Sementara, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) untuk keseluruhan tahun 2017, DPK diperkirakan tumbuh sekitar 10 persen.

BI juga memutuskan untuk menetapkan rasio bantalan permodalan bank yakni "Countercyclical Capital Buffer (CCB)" sebesar nol persen atau tidak berubah. Hal ini, kata Agus, untuk mendorong bank dalam meningkatkan peyaluran kredit.

Pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) triwulanan Bank Indonesia pada 15-16 November 2017 ini, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan "7-Day Reverse Repo Rate" sebesar 4,25 persen.

Suku bunga penyimpanan dana perbankan di BI (Deposit Facility) juga ditetapkan 3,5 persen dan suku bunga penyediaan likuiditas ke perbankan dari BI (Lending Facility) sebesar lima persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…