PLN Siap Pasok Kawasan Industri Dumai 60 KVA

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 November 2017 - 13:30 WIB

Ilustrasi Gardu Listrik PLN (Ist)
Ilustrasi Gardu Listrik PLN (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT PLN (Persero) siap memasok listrik sebesar 60 MVA untuk mendukung investasi di Kawasan Industri (KI) Dumai, Riau.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto dalam rilis di Jakarta, Rabu (15/11/2017)  mengatakan untuk memasok 60 MVA itu, PLN membangun saluran udara tegangan tinggi (SUTT) berkapasitas 150 kV sepanjang 27 km sirkuit dari Gardu Induk 150 kV Dumai, yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Wiluyo optimistis proyek tersebut dapat selesai pada semester pertama 2018.

"Tahap pertama kami penuhi sesuai permintaan. Namun bila ada tambahan, PLN siap mengalirkan energi listriknya berapapun," ujarnya.

Sebagai bukti kesiapan PLN mendukung KI Dumai tersebut, menurut Wiluyo, pada Rabu ini, ditandatangani surat jual beli tenaga listrik (SJBTL) 60 MVA antara PLN dan PT Wilmar Nabati Indonesia di Jakarta.

SJBTL ditandatangani Irwansyah M Putra, selaku General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, dengan Erik, selaku Wakil Direktur PT Wilmar Nabati Indonesia, yang disaksikan Wiluyo Kusdwiharto.

Kerja sama itu bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan investasi di KI Dumai, Riau.

Wiluyo menambahkan kondisi kelistrikan di Sumatera semakin membaik, sehingga seluruh kebutuhan listrik dapat dipercayakan kepada PLN.

"Kami selalu siap untuk memasok kebutuhan listrik dan para pelaku industri maupun pelaku usaha bisa lebih fokus mengurus bisnisnya," ujarnya.

Dengan ditandatanganinya SJBTL, maka Wilmar menjadi pelanggan PLN terbesar saat ini di Riau yang akan menjadi sinyal positif bagi pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut.

Nantinya, lanjut Wiluyo, tidak hanya peningkatan kebutuhan listrik, tetapi juga kapasitas produksi Wilmar akan meningkat serta pabrik dan industri turunan dari minyak sawit akan dibangun di KI Dumai sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru.

"Banyak manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat, khususnya di Dumai dan Provinsi Riau pada umumnya," ujar Erik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…